Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

815 - Membangun Website yang Bisa Menjadi Rujukan Pengetahuan Wisata, Budaya dan Kuliner Minangkabau


Nama Inisiator

Maya Lestari Gf

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Website ini lahir atas dasar keprihatinan surutnya minat orang-orang terhadap Sumatra Barat pasca gempa 2009, yang diikuti isu bencana yang merebak nyaris tiap hari. Website limpapeh.com berupaya menghimpun dan menyebarluaskan pengetahuan akan Sumatra Barat, baik dari segi budaya, wisata maupun kuliner. Saya bercita-cita di masa depan web ini bisa menjadi semacam ensiklopedi dan bila mungkin, referensi bagi orang-orang yang berupaya mengenal minangkabau/Sumatra Barat. Harapan lainnya, semoga web ini bisa menjadi semacam media blogging, tempat para anak negeri, perantau dan pemerhati minangkabau, membagi kecintaan dan pengetahuannya akan minangkabau di sini. Nantinya di web ini juga akan ditampilkan buku-buku minangkabau yang bisa didownload gratis.

Masalah yang Diangkat

Permasalahan utama web ini adalah soal update konten, dan ini berkaitan erat dengan ketersediaan waktu yang dimiliki para pengisi web. Untuk sementara ini, karena dana yang terbatas, pengisian web dilakukan oleh para anggota Komunitas Jurnalistik IAIN Imam Bonjol. Web ini dijadikan ajang latihan untuk mengasah kemampuan mereka menulis. Limpapeh.com juga menjalin kerjasama dengan komunitas ini untuk mengadakan lomba fotografi keindahan minangkabau, dimana foto-foto lomba ditampilkan di web tersebut. Namun tentu saja ini tidak cukup.

Solusi

Beberapa solusi yang mungkin bisa saya lakukan adalah: 1. Mempromosikan web ini dengan menggelar lomba fotografi dan membuat artikel menarik tentang Minangkabau, dimana pemenang favorit atau terbaik dipilih setiap bulan. 2. Mempekerjakan seorang web ilustrator yang bisa membuat tampilan-tampilan iklan (lomba, produk, dll) semenarik mungkin 3. Bekerjasama dengan media cetak lokal dalam hal promosi dan konten 4. Hal lainnya mempromosikan web di berbagai media sosial, dan untuk ini saya memerlukan orang yang bisa rutin melakukannya, selain juga rutin mengisi web. 5. Menyediakan majalah majalah elektronik dan ebook dari penulis minangkabau, gratis.
Pihak yang menerima manfaat adalah orang minang dan pemerhati minangkabau di seluruh dunia.

Target

Targetnya adalah orang minang dan pemerhati minangkabau di seluruh dunia

Indikator Sukses

Jumlah pengunjung minimal 30 ribu orang sebulan
Jumlah download setiap e-book dan e-magazine gratis minimal 2000 perjudul/edisinya.

Lokasi

Padang, Sumatra Barat

Dana yang Dibutuhkan

50 Juta Rupiah

Durasi Proyek

November 2011-Oktober 2012 (satu tahun)