Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

798 - Gerakan Peduli Lingkungan pada Dunia Pendidikan dan Masyarakat Pedesaan di Pesisir Pantai Timur Taman Nasional Berbak Jambi


Nama Inisiator

Abdul Hadison

Organisasi

Gita Buana

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Memperkuat inisiatif gerakan peduli lingkungan pada dunia pendidikan dan masyarakat pedesaan di Pesisir Pantai Timur Taman Nasional Berbak Jambi.

Masalah yang Diangkat

Degradasi atau penurun kualitas lingkungan/ekosistem yang ada di wilayah perdesaan sekitar Pesisir Pantai Timur Taman Nasional Berbak (TNB) akibat aktivitas kehidupan masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang ada terutama lahan (tanpa memperhatikan/memahami daya dukung lingkungan) dan program pembangunan nasional dan daerah yang berpengaruh buruk pada kehidupan masyarakat itu sendiri. Akibat proses intrusi air laut ke wilayah daratan (memperluas daerah salin air asin) dan abrasi kawasan mangrove yang menimbulkan dampak penurunan produktivitas dan kesuburan lahan di sepanjang desa Pesisir Pantai Timur TNB. Dampak akhir yang terjadi adalah perobahan situasi yang dahulunya daerah ini (9 desa di Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur) merupakan daerah “lumbung padi” bagi Propinsi Jambi, selanjutnya berubah sejak tahun 1996-an menjadi lahan daerah pengimpor beras hingga sekarang. Lahan-lahan pertanian masyarakat banyak yang ditelantarkan (menjadi lahan tidur) atau berubah menjadi perkebunan (Kelapa lokal dan Sawit).

Solusi

Mendorong perubahan prilaku masyarakat lokal, melalui: inisiatif atau aktivitas ini akan ikemb angkan dalam bentuk membangun dan mengembangkan paket pendidikan lingkungan berupa muatan lokal (mulok) bagi murid SD, SMP, Pesantren dan SMA. Aktivitas muatan lokal ini adalah; (1) pembuatan modul pendidikan lingkungan berupa materi pelajaran buatan lokal, (2) dukungan bagi SD, SMP, SMA dan Pesantren untuk menyelenggarakan modul itu di setiap sekolah, (3) dukungan kegiatan lapangan.
Mendokumentasikan dan mengemas inisiatif di tingkat masyarakat lokal dan program dalam bentuk video dokumenter.
Mengembangkan “rumah basis Informasi dan Publikasi” kondisi lingkungan lahan basah Berbak serta aktivitas masyarakat lokal. D. Mengembangkan jaringan publikasi media, melalui kerja sama dengan TV lokal di Jambi (Jek TV dan Jambi TV) dan Balai Pusat Informasi Kehutanan Jambi.
Pihak yang diuntungkan adalah masyarakat 9 Desa di Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Pemerintah Propinsi Jambi, Masyarakat Propinsi Jambi secara umum.

Target

Masyarakat 9 Desa di Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Pemerintah Propinsi Jambi, Masyarakat Propinsi Jambi secara umum.

Indikator Sukses

1. Perubahan prilaku masyarakat berdasarkan pantauan dilapangan/desa dalam memanfaatkan sumber daya lahan.
2. Catatan atau rekaman meningkatnya inisiatif aktivitas masyarakat lokal terhadap upaya perbaikan lingkunganya.
3. Statmen dan respon dari Dinas Instansi terkait pada jajaran Pemerintahan Daerah (Kabupaten dan Propinsi).
4. Jumlah dan respon pengunjung website dan facebook Gita Buana.

Lokasi

Kota Jambi

Dana yang Dibutuhkan

385 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 sampai dengan Desember 2014 (durasi dua tahun)