Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

792 - Jepret – Media Sejarah Fotografi Indonesia


Nama Inisiator

Andrew Linggar

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Foto adalah karya visual yang paling dekat dengan kehidupan kita. Kita melihatnya setiap hari. Anehnya, sejak foto pertama dibuat di kepulauan Nusantara kira-kira 170 tahun yang lalu, sampai hari ini sejarah foto belum dicatat dan disajikan kepada publik. Proyek ini adalah pembuatan situs web kumpulan informasi tentang fotografer Indonesia, sejak tahun 1841 sampai sekarang. Basis data ini didasarkan pada data fotografer karena dialah yang memilih subjek foto dan cara penyampaiannya. Fotografer yang dicatat dalam basis data ini adalah para fotografer profesional. Berangkat dari informasi mengenai fotografer, situs ini juga akan menampilkan karya-karya foto yang penting untuk memahami sejarah fotografi Indonesia. Situs ini dijalankan dengan prinsip creative commons dan pada bagian-bagian tertentu bersifat user generated: kami mengundang publik untuk turut melengkapi dan memperbaiki katalog fotografer ini. Selain situs, proyek ini juga terdiri dari pembuatan buku foto. Karena bagaimanapun juga, kami merasa bahwa sebagai karya cetak, foto selayaknya ditampilkan pula dalam versi cetak. Buku-buku yang diterbitkan melalui proyek ini akan berbasis informasi mengenai para fotografer yang dikumpulkan melalui situs ini dan penelitian tambahan untuk melengkapi informasi. Produk buku akan dijual sebagai sumber pendapatan untuk menjaga kelangsungan sumber dana website ini.

Masalah yang Diangkat

Meskipun foto sangat akrab dengan publik, tapi informasi tentang foto – dan lebih penting lagi para fotografer – hanya diketahui oleh kalangan fotografi sendiri. Informasi mengenai fotografi Indonesia tercerai-berai dan banyak yang belum dipublikasikan. Selama informasi mengenai sejarah fotografi dan para pelakunya tidak tersedia dengan sistematis, pencapaian fotografi Indonesia sebagai seni visual maupun sebagai perekam sejarah tidak akan menjadi pengetahuan publik. Karya-karya foto yang pernah dibuat pun meskipun relatif belum lama, sulit sekali dilihat kembali karena tidak ada yang menyimpan dan menyajikannya. Dalam proyek ini, data sejarah fotografi di Indonesia disajikan melalui catatan mengenai para pelakunya. Website ini memanfaatkan sifat internet yang dapat diakses dari mana saja, dengan harapan mempermudah akses para penyumbang data/informasi mengenai fotografer Indonesia dari manapun di dunia. Dengan membuat jalur informasi ini tersedia, kami berharap dapat membantu publik memahami fotografi dan mengenal sejarahnya, serta memberi pengakuan yang patut bagi para fotografer dan karya-karya penting mereka.

Solusi

Website ini akan menekankan keberadaan linimasa untuk memperlihatkan perkembangan dan perjalanan sejarah fotografi sejak pertama kali medium ini digunakan di kepulauan Nusantara. Mengingat data mengenai fotografer Indonesia tersebar di mana-mana dan belum pernah disajikan dengan sistematis, kami juga akan sangat mengandalkan kontribusi para pengguna (terutama peneliti atau para fotografer) untuk meningkatkan kredibilitas dan akurasi data. Pada awalnya, sebagai pusat data, website ini akan berisi data dasar fotografer disertai dengan beberapa contoh karya yang signifikan. Dalam perkembangannya, kami akan menambah isi website dengan materi lain seperti wawancara audio-visual serta artikel dan esai tentang fotografi Indonesia, baik yang kami kerjakan sendiri maupun kontribusi dari pengguna. Data yang terkumpul di website ini juga akan berguna sebagai bagian dari materi riset untuk pembuatan buku tentang fotografer Indonesia.
Pihak yang diuntungkan adalah publik penggemar fotografi atau seni visual Indonesia, para fotografer profesional, anggota klub foto dan publik umum dari berbagai lapisan usia di berbagai wilayah Indonesia dan internasional.

Target

Publik penggemar fotografi atau seni visual Indonesia, para fotografer profesional, anggota klub foto dan publik umum dari berbagai lapisan usia di berbagai wilayah Indonesia dan internasional.

Indikator Sukses

1. Pertumbuhan jumlah pengguna informasi yang ditampilkan website ini,
2. Pertumbuhan partisipasi publik yang turut memberikan atau mengoreksi informasi mengenai fotografer Indonesia yang mereka ketahui atau kenal,
3. Pertumbuhan partisipasi publik menyebarluaskan informasi dari website ini melalui jaringan sosial.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

578 Juta Rupiah

Durasi Proyek

September 2011 – September 2013