Anda berada di mode pratinjau.
| | |

A Change for a Smile

791

791 - A Change for a Smile


Nomor:
791

Inisiator:
Supri Adi

Organisasi:
Pro Education

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Pontianak

Dana:
350 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
1 tahun

Deskripsi Proyek:
Sebuah project pendampingan bagi para remaja pengguna narkoba di Kalimantan Barat yang sedang dalam proses untuk melepaskan diri dari ketergantungan narkoba. Metodenya adalah dengan mengajari mereka menulis mengenai berbagai pengalaman mereka saat berkenalan dengan narkoba. Sebagai media latihan menulis, mereka akan diajari untuk membuat blog, menulis catatan harian, atau sosial media. Hasil akhirnya, kumpulan tulisan mereka ini akan diterbitkan di media massa (koran) dan menjadi sebuah buku. Tulisan mereka akan sangat berguna dalam mengkampanyekan sisi gelap narkotika sehingga bisa menggugah remaja lain agar tidak terjerumus narkoba. Juga akan membantu mereka menumbuhkan kepercayaan diri. Bahwa mantan pecandu narkoba pun bisa melakukan hal yang positif. Kelak, setelah keluar dari rehabilitasi, mereka bisa memanfaatkan kemampuan menulis ini. Misalnya sebagai penulis lepas. Tentu saja tidak mudah untuk memotivasi mereka menulis. Karena itu dalam project ini secara rutin kami juga akan memberikan motivation training. Mereka juga akan dilatih untuk menjadi fasilitator bagi teman sebayanya yang juga punya masalah serupa.

Masalah yang ingin diatasi:
Project ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka pengguna narkoba di Kalbar. Kalbar merupakan provinsi dengan pengguna narkoba tertinggi no 4 di Indonesia. Ini tentu sangat mengkhatirkan. Padahal remaja pengguna narkoba adalah kelompok yang sangat rentan terinfeksi virus HIV/AIDS. Karena itu butuh pendampingan yang khusus agar para pengguna narkoba bisa melepaskan diri dari ketergantungan narkoba. Kecenderungan pengguna narkoba ini akan terus meningkat. Namun selama ini pendampingan terhadap para pengguna narkoba masih sangat minim. Para pecandu narkoba memiliki tingkat percaya diri yang rendah. Seperti pecandu lain, pertama-tama mereka hanya mencoba, lama-lama menjadi kecanduan, hingga pada suatu kondisi pecandu merasa tak berguna sama sekali hidupnya. mereka merasa melakukan sesuatu yang sia-sia. Faktor mental ini akan mempengaruhi interaksi sosial mereka di masyarakat. Karena itu perlu sebuah perhatian khusus untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Strategi pendampingan yang akan kami terapkan adalah pelibatan para mantan pecandu narkoba atau mereka yang sedang menjalani upaya rehabilitasi. Mereka akan dilatih menulis dan hasil tulisan mereka akan diterbitkan ke berbagai media seperti koran, web blog dan social network (facebook) sebagai bentuk kampanye Anti Narkoba. Selain pelatihan menulis, mereka juga akan diberikan pelatihan komputer program dan internet (membuat email, teknik browsing dan membuat web blog dan facebook). Dengan melakukan pelatihan IT ini diharapkan mereka mempunyai keterampilan dibidang teknologi dan informasi. Mereka diharapkan mempu menulis pengalaman hidup mereka dan pada akhirnya mampu memberikan informasi dan pemahaman tentang bahaya narkoba kepada masyarakat. Mereka juga dapat menggunakan media web blog, koran maupun media social network seperti facebook. Selain pelatihan IT, kami juga akan memberikan pelatihan motivasi, leadership dan public speaking kepada para pecandu narkoba ini.<br /> Pihak yang diuntungkan adalah para pecandu narkoba yang berada di pusat rehabilitasi, pusat rehabilitasi pecandu narkoba, keluarga korban pecandu narkoba, siswa, dan masyarakat pada umumnya.

Ukuran kesuksesan:
1. Peserta pelatihan (para pecandu narkoba) mampu menulis diary pribadi dan mampu menulis persuasif.<br /> 2. Peserta mampu mengoperasikan komputer dan internet, membuat dan mampu menggunakan web blog dan facebook untuk mempublikasi tulisan mereka.<br /> 3. Karya/tulisan peserta diterbitkan di media massa dan diterbitkan menjadi buku.<br /> 4. Peserta mampu menjadi pembicara pada saat kampanye Anti narkoba di sekolah, kampus, dan di lingkungan masyarakat.<br /> 5. Peserta sadar dan sungguh-sungguh untuk tidak menggunakan narkoba lagi dikehidupannya serta siap untuk melanjutkan hidup dengan sehat dan bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan di lingkungan masyarakat.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas