Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

777 - Selancar


Nama Inisiator

Indriani Widiastuti

Organisasi

The Interseksi Foundation

Topik

Kebebasan dan etika bermedia

Deskripsi Proyek

Kampanye penggunaan internet dan etika berinternet dengan materi yang disusun oleh pelajar dan untuk pelajar se-pulau Jawa.Tidak hanya dalam bentuk kampanye di dunia cyber saja tetapi juga di sekolah-sekolah melalui workshop bagi pelajar dan penerbitan guide book yang disebarluaskan di kalangan pelajar.

Masalah yang Diangkat

Selama ini Menkominfo hanya memberikan kampanye Internet Sehat versi negara dan orang tua, padahal pengguna internet saat ini sebagian besar terdiri dari pelajar usia sekolah. Perilaku mereka dalam berinternet sudah pasti berbeda dengan pengguna yang lebih tua. Hal ini mungkin saja yang membuat kampanye dan itikad baik Menkominfo ini menjadi sia-sia. Lebih jauh lagi, jika aktivitas kampanye hanya mengandalkan informasi di situs dan jejaring sosial saja, rasanya tidak akan membekas di kepala target kampanye itu sendiri. Kampanye yang berbentuk benda atau kegiatan juga perlu.

Solusi

Oleh karena itu dibutuhkan formula kampanye yang sumbernya bukan dari kacamata orang dewasa atau Negara, tetapi dari pelajar atau pengguna internet usia muda. Kami membagi kegiatan atas beberapa tahap, yakni: workshop, situs jaringan dan publikasi mini guide book tentang internet sehat.
Di dalam workshop, kita dapat mengetahui apa sesungguhnya permasalahan pelajar ketika berinternet dan bagaimana perilaku mereka dalam menggunakan internet. Peserta workshop adalah pelajar dari masing-masing provinsi di Pulau Jawa yang terpilih melalui proses seleksi. Melalui pembentukan situs jaringan dengan wakil-wakil yang telah mengikuti workshop, kami menguji materi yang telah diberikan selama workshop apakah dipraktekkan atau tidak dan apakah kampanye ini terus berjalan di sekolah-sekolah. Terakhir, pembuatan guide book adalah agar kampanye ini bisa diikuti oleh siapa saja dan dapat dibaca tanpa harus terkoneksi ke internet.

Pihak yang diuntungkan: Pelajar, orang tua murid, guru, pemerintah se-pulau Jawa.

Target

Pelajar, orang tua murid, guru, pemerintah se-pulau Jawa.

Indikator Sukses

1. Workshop dihadiri oleh masing-masing 2 (dua) orang perwakilan dari 6 (enam) provinsi di pulau Jawa
2. Update situs jaringan secara berkala (per 2 minggu) oleh masing-masing perwakilan daerah selama 6 bulan program ini berjalan. Idealnya situs ini dapat terus berjalan setelah program ini berakhir.
3. Pendistribusian guidebook Selancar di 6 provinsi di Pulau Jawa, minimal di sekolah masing-masing peserta workshop.

Lokasi

Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

600 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Desember-November (12 bulan)