Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

759 - Pemantauan Media dalam Pemberitaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.


Nama Inisiator

Alwan Ridha Ramdani

Organisasi

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung

Topik

Pemantauan media

Deskripsi Proyek

Sebuah program pemantauan media massa yang terbit di Bandung, memberikan analisa, mendiskusikan serta mempublikasikan hasilnya. Program pemantauan media ini dilakukan terkait dengaan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa barat yang akan berlangsung pada 24 Februari 2013.

Masalah yang Diangkat

Dalam pemberitaan terkait suksesi pemimpin daerah, media kerap menjadi alat propaganda para kandidat. Tak jarang, kondisi ini juga disambut oleh media untuk mengambil keuntungan dengan berpihak kepada salahsatu kandidat. Sehingga publik tidak mendapatkan informasi yang independen.

Solusi

Agar pemberitaan terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa barat bisa independen, maka perlu dilakukan pemantauan dan analisa terhadap media yang terbit di Bandung. Selain itu, dilakukan pula analisa dan didiskusikan dengan parapihak agar hasil pemantauan itu berkualitas sehingga punya kekuatan untuk mempengaruhi media untuk independen. Tentunya, untuk memberikan dorongan yang kuat bagi media untuk independen, hasil pemantauan dan analisa dipublikasikan secara terbuka.
Pihak yang diuntungkan adalah publik pembaca media di Jaw Barat. Termasuk media yang dipantaunya.

Target

Yang diuntungkan dalam program ini adalah publik pembaca media di Jaw Barat. Termasuk media yang dipantaunya.

Indikator Sukses

Terdapatnya hasil pemantauan dan analisa dari media-media yang terbit di Bandung. Terdapat pelaku pemantau media yang kompeten dan independen. Adanya respon dari media untuk bersikap independen dalam pemeberitaan terkait pemiliha Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa barat.

Lokasi

Bandung

Dana yang Dibutuhkan

260 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 – Juni 2013