Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

757 - Indois.me


Nama Inisiator

Hartip Simorangkir

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Pusat portal informasi berbasiskan website berisi semua informasi mengenai Indonesia, yang lebih memfokuskan konten pada ke-Indonesia-an, yang masih kurang atau belum optimal terjamah/terjangkau/termediasi oleh industri media di Indonesia, fokus pada konten Identitas dan nilai-nilai lokal budaya Indonesia, berupa budaya, sejarah, sosial, potensi daerah dan kearifan lokal. Harapannya utamanya adalah terpecahkannya masalah atas ketersediaan konten lokal mengenai ke-Indonesia-annya dan kemudian akan mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat, seperti meningkatnya kunjungan pariwisata daerah, meningkatnya penjualan industri kreatif, kuliner bertemakan kedaerahan, dan masih banyak lainnya dengan terciptanya kesadaran komunitas akan nilai-nilai tersebut yang nantinya komunitas tersebut menjadi “pasar”. Dengan jelasnya proyek ini menjadi sebuah model yang dapat mandiri kedepannya dan kontinu.

Masalah yang Diangkat

Masa sekarang ini, untuk mendapatkan informasi mengenai ke-Indonesia-an adalah tidak gampang, seperti budaya-budaya daerah, adat istiadat, bahasa daerah, permainan rakyat, potensi daerah, karena banyak faktor, seperti tidak jalannya transfer informasi dari generasi ke generasi, dominasi pengaruh budaya luar, kurangnya media untuk sharing knowledge mengenai nilai –nilai budaya itu sendiri, industri media yang belum melirik isu ini (karena belum jadi trend, belum bisa jadi produk unggulan dibandingkan dengan isu yang lain). Beberapa komunitas dan personal yang fokus terhadap konten ini masih berjalan sendiri-sendiri. untuk itu proyek ini hadir untuk saling mendukung, mensinergikan yang akan menjadi kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

Solusi

1. Membuat website indois.me, yang merupakan pusat portal yang nantinya akan berisikan beberapa sub portal untuk setiap isu, seperti sejarah, budaya (pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, kearifan lokal), sosial yang dimiliki oleh komunitas atau personal, dalam artian komunitas dan personal yang akan meng-generate konten. 2. Website ini adalah ujung tombak media yang digunakan, sehingga webnya harus interaktif, user tidak hanya membaca atau menulis, tetapi terjadi proses siklus komunikasi yang baik, ada input, output, feedback, efek dan regulasi.
Penerbitan tulisan dalam bentuk majalah bulanan dan buku yang berasal dari hasil compile tulisan/interaksi member dalam portal dengan regulasi yang ada, dan berfungsi juga untuk memperluas jangkaun media.
3. Penguatan kapasitas komunitas atau personal dalam hal jurnalisitk, dengan melakukan pelatihan jurnalistik untuk media online dan offline.
4. Mengoptimalkan dan mensinergikan social network secara online maupun offline, seperti Fan page Facebook, twitter, email newsletter dan website yang akan digunakan sebagai feeder ke portal utama.
5. Termediasinya pelaku industri lokal untuk menjual barang yang akan mendorong gairah bisnis lokal
Pihak yang diuntungkan adalah seluruh rakyat Indonesia baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri, orang tua maupun orang muda (tersedianya media transfer informasi, nilai-nilai), komunitas-komunitas yang termediasi, industri media, industri lokal (kerajinan tangan, pariwisata, industri kreatif/art) stake holder lokal (pemerintah).

Target

Seluruh rakyat Indonesia baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri, orang tua maupun orang muda (tersedianya media transfer informasi, nilai-nilai), komunitas-komunitas yang termediasi, industri media, industri lokal (kerajinan tangan, pariwisata, industri kreatif/art) stake holder lokal (pemerintah)

Indikator Sukses

1. Statistik portal berupa, jumlah member/penulis aktif, tulisan, komentar
2. Popularitas di dunia internet, menggunakan third party seperti alexa.com, Google Analytics, dan statistic fan page Facebook.
3. Distribusi/sebaran dari daerah asal member dan isu yang ada di portal
4. Adanya kegiatan fisik, seperti seminar, workshop, pelatihan untuk peningkatan kapasitas dan bonding member portal.
5. Adanya penerbitan majalah dan buku
6. Meningkatnya hasil penjualan industri lokal yang bergabung dalam portal

Lokasi

Bogor, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

200 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Desember 2011 – November 2012 (12 bulan)