Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

745 - Lomba Menulis Ulang Dongeng dan Foto Keindahan Alam Lokal


Nama Inisiator

Bayu Wardhana

Organisasi

Wikimu.com

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Lomba menulis ulang dongeng mengajak warga untuk memperhatikan dongeng setempat dan menuliskan kembali ke website, sehingga terdokumentasikan dan membuat publik mengenal banyak dongeng. Lomba foto keindahan alam, mendokumentasikan potensi alam lokal (wisata,konservasi) sehingga menguatkan kesadaran publik untuk melestarikan.

Masalah yang Diangkat

Kuat media massa maupun media sosial satu sisi membuat kaum muda mengarah keseragaman kultur, di mana lebih mengenal tren di Jakarta atau Hollywood daripada di daerahnya sendiri. Lebih tahu Spongebob daripada cerita Batu Kuyung dari Bengkulu, lebih tahu Pattaya Thai daripada derawan Kaltim.

Solusi

Tulisan dan foto adalah media yang sederhana, yang umumnya kaum muda sudah dapat mengakses. Lewat lomba tulisan dan foto di Wikimu, akan mendorong orang/kaum muda (yang umumnya mengakses internet) untuk memperhatikan budaya (dongeng) dan alam lokal. Lomba ini sekaligus mendokumentasi dongeng agar tidak hilang. Dan mendokumentasikan keindahan alam, agar lestari. Keuntungan dari lomba ini, akan mendapat sekian orang (penulis/fotografer) yang peduli pada potensi budaya dan alam lokal.Selain dari itu, hasil karya mereka dapat diakses terbuka oleh publik lewat website maupun dicetak dalam bentuk buku.
Pihak yang menerima manfaat adalah kaum muda, usia 16-25 tahun (SMA dan mahasiswa) yang merupakan generasi digital, khususnya di kota-kota di berbagai pulau Indonesia (kota yang sudah ada internet). Mereka akan lebih mengenal dan mencintai budaya dan alam setempat. Lalu masyarakat luas mendapatkan dokumentasi tulisan dan foto dari kekayaan budaya (dongeng) dan alam Indonesia.

Target

Kaum muda, usia 16-25 tahun (SMA dan mahasiswa) yang merupakan generasi digital, khususnya di kota-kota di berbagai pulau Indonesia (kota yang sudah ada internet). Mereka akan lebih mengenal dan mencintai budaya dan alam setempat. Lalu masyarakat luas mendapatkan dokumentasi tulisan dan foto dari kekayaan budaya (dongeng) dan alam Indonesia

Indikator Sukses

Minimal terkumpul 100 tulisan dongeng lokal dan 200 foto lokasi alam.

Lokasi

Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

200 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Februari – September 2012 (8 bulan)