Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

741 - Minifesto!


Nama Inisiator

Maria Clementine Wulia

Organisasi

Minikino

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Minifesto! adalah sebuah “festival film pendek plus” yang diselenggarakan tiap 2 (dua) tahun. Festival ini terdiri dari rangkaian kegiatan yang bersifat sporadis namun terintegrasi dan berkesinambungan. Rangkaian kegiatan festival ini adalah: (1) seri lokakarya lokal tentang produksi film pendek di berbagai kota (2) seri Pemutaran&Diskusi di berbagai komunitas film lokal, dan (3) program layar tancap keliling dan distribusi digital.

(1) Lokakarya-lokakarya lokal dalam Minifesto! ditujukan untuk umum (lewat seleksi masuk) dan diselenggarakan lewat kemitraan dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan lokal di beberapa pulau di Indonesia.
(2) Film-film hasil lokakarya kemudian disandingkan dengan program-program film pendek internasional pilihan dan diputar di mitra-mitra Pemutaran&Diskusi Minikino secara intensif. Masing-masing Pemutaran&Diskusi ini dibimbing dan dimoderasi oleh 3 (tiga) narasumber terpilih dari bidang film pendek, dan diadakan dalam waktu yang bersamaan dengan voting dan diskusi lewat internet.
(3) Hasil diskusi dan hasil voting kemudian dirangkum oleh tim kurasi Minikino untuk menghasilkan program puncak yang kemudian diputar dalam festival layar tancap keliling di beberapa kota. Program puncak ini juga kemudian didistribusikan dalam bentuk DVD.

Masalah yang Diangkat

Masalah utama yang ingin kami atasi adalah film-film pendek buatan Indonesia yang kurang efisien untuk mendukung pembelajaran kritis, karena kualitasnya cenderung rendah bila dibandingkan dengan kuantitasnya. Festival kompetitif semata kurang efektif untuk memecahkan masalah ini karena (1) tidak ada masukan balik ke setiap pembuat film yang mengirim filmnya. Masalah masukan balik juga menjadi salah satu fokus kami dalam program Pemutaran+Diskusi dengan mitra lokal, namun (2) Pemutaran+Diskusi yang bersifat sangat lokal cenderung tidak memperluas wawasan dan kurang memberi masukan balik tentang kualitas kepada penonton maupun kepada pembuat film. Lokakarya film pendek yang terpisah dari kompetisi juga kurang efektif karena (3) distribusi dan diskusi lanjutan tidak dipentingkan sehingga tidak ada kesinambungan pembelajaran dan tidak ada diseminasi format film pendek ke publik secara luas.

Solusi

Lewat Minifesto!, kegiatan-kegiatan rutin yang telah kami rintis dirangkai dalam sebuah festival yang sporadis namun integral, berkesinambungan dan melibatkan diskusi publik, dengan harapan dapat membantu memecahkan masalah utama.
(1) Proses dimulai dengan seleksi film-film tingkat awal untuk memilih peserta lokakarya yang potensial. Setiap film yang diterima diberi masukan balik. Peserta terpilih diundang menjalani lokakarya di mana masukan balik diberikan secara intensif.
(2) Film-film pendek hasil lokakarya diputar dan didiskusikan di mitra-mitra lokal Minikino di beberapa pulau untuk memperluas wacana diskusi. Pemutaran ini diiringi oleh program internasional pilihan dengan tujuan memperluas wawasan. Kampanye pemilihan film lewat internet diiringi dengan stimulasi diskusi publik, di mana masukan balik berfokus pada diseminasi informasi tentang format film pendek.
(3) Film-film terpilih diputar kembali untuk publik dengan tujuan diseminasi, lewat program layar tancap keliling dan DVD. Untuk memancing masukan balik dalam lingkungan yang lebih luas, DVD didistribusikan secara internasional.

Pihak yang diuntungkan adalah terutama siswa SMA dan mahasiswa (rata-rata usia 16-24 tahun namun tidak ada batas usia maksimal) yang menyanggupi mengikuti lokakarya di 4 kota (Padang, Surabaya, Denpasar, Makassar)
Target Pemutaran&Diskusi adalah pembuat film dan pengunjung rutin mitra-mitra lokal Minikino di 4 kota (Denpasar, Surabaya, Makassar, Padang). Target program layar tancap keliling adalah publik di 6 kota (Padang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Bandung, Jakarta). Target distribusi DVD/VCD adalah masyarakat luas, terutama yang termasuk dalam jaringan distribusi Jive Collection (mitra potensial Minifesto!). Target spesifik diseminasi DVD adalah festival-festival internasional (Interfilm Berlin, Hamburg International Short Film Festival, Clermont-Ferrand Film Festival, International Film Festival Rotterdam, Manchester International Short Film Festival, Thai Short Film and Video Festival, Singapore Short Film Festival) dan perpustakaan universitas yang mempunyai kepentingan untuk Asian Studies.

Target

"Target Lokakarya adalah terutama siswa SMA dan mahasiswa (rata-rata usia 16-24 tahun namun tidak ada batas usia maksimal) yang menyanggupi mengikuti lokakarya di 4 kota (Padang, Surabaya, Denpasar, Makassar)
Target Pemutaran&Diskusi adalah pembuat film dan pengunjung rutin mitra-mitra lokal Minikino di 4 kota (Denpasar, Surabaya, Makassar, Padang)
Target program layar tancap keliling adalah publik di 6 kota (Padang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Bandung, Jakarta)
Target distribusi DVD/VCD adalah masyarakat luas, terutama yang termasuk dalam jaringan distribusi Jive Collection (mitra potensial Minifesto!)
Target spesifik diseminasi DVD adalah festival-festival internasional (Interfilm Berlin, Hamburg International Short Film Festival, Clermont-Ferrand Film Festival, International Film Festival Rotterdam, Manchester International Short Film Festival, Thai Short Film and Video Festival, Singapore Short Film Festival) dan perpustakaan universitas yang mempunyai kepentingan untuk Asian Studies."

Indikator Sukses

Contoh indikator dampak atas Minifesto! adalah:
(1) Pemahaman yang lebih mendalam tentang film pendek bagi peserta terpilih setelah lokakarya (kualitatif)
(2) Skala keterlibatan mitra lokal (dan publik masing-masing) dalam Pemutaran&Diskusi (kuantitatif dan kualitatif)
(3) Jangkauan ke publik lewat internet (kuantitatif)
(4) Aktifnya diskusi publik lewat internet (kuantitatif dan kualitatif)
(5) Jumlah penonton program layar tancap keliling (kuantitatif)
(6) Jumlah DVD yang terdistribusi (kuantitatif)
(7) Area jangkauan distribusi DVD (kualitatif)
(8) Jumlah film hasil lokakarya yang masuk seleksi festival internasional (kuantitatif)
(9) Jumlah masukan film untuk seleksi awal pada edisi Minifesto! berikutnya (kuantitatif)
(10) Kualitas masukan film untuk seleksi awal pada edisi Minifesto! berikutnya (kualitatif)

Lokasi

Denpasar, Bali

Dana yang Dibutuhkan

850 Juta Rupiah

Durasi Proyek

April 2012-Februari 2013