Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

737 - Pendidikan Kesiapsiagaan Melalu Informasi dan Budaya Lokal


Nama Inisiator

Radio Komunitas Lintas Merapi

Organisasi

Radio Komunitas Lintas Merapi

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Pelatihan penanggulangan bencana berbasis komunitas melalui budaya dan kearifan lokal di lintas merapi FM guna mewujudkan kesiapsiagaan bencana di tingkat keluarga, masyarakat. Setiap individu menyadari hidup di kawasan rawan bencana gunung api merapi mengetahui tindakan yang cepat tepat dan bersama selamat.

Masalah yang Diangkat

Informasi Peringatan Dini Terlambat Ke masyarakat sehingga Masyarakat enggan mengungsi saat aktifitas merapi Meningkat,yang juga disebabkan kurang sigapnya Pemerintah Daerah Dalam penanganan Bencana dan kurang dalam memberikan pelatihan dan Penyadaran kepada masyarakat.

Solusi

Pendidikan Mitigasi bencana Kepada Masyarakat per individu melalui Budaya dan Kearifan lokal, Pelatihan Penanggulangan Bencana secara periodik,dan di simulasikan menyeluruh dengan Peserta :Masyarakat, Relawan, Pemangku Kebijakan Lokal Pembagian Peran yang jelas sesuai keahlianya. Pihak yang diuntungkan adalah Pemerintah Daerah kabupaten Klaten, Masyarakat Yang hidup di KRB merapi,Pendengar Radio Lintas Merapi,Relawan Bencana, StakeHolder peduli Bencana , Pelajar dan Mahaiswa yang Biasa Belajar di Lintas Merapi.

Target

Pemerintah Daerah kabupaten Klaten, Masyarakat Yang hidup di KRB merapi,Pendengar Radio Lintas Merapi,Relawan Bencana, StakeHolder peduli Bencana , Pelajar dan Mahaiswa yang Biasa Belajar di Lintas Merapi.

Indikator Sukses

Timbulnya SOP Bencana di Tingkat Komunitas RT/RW,ada Team Siaga Bencana Kampung dan masyarakat selamat dari Ancaman Karena tindakan yang Tepat dan cepat.

Lokasi

Klaten

Dana yang Dibutuhkan

356 Juta Rupiah

Durasi Proyek

1 tahun