Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

732 - Pendokumentasian Perkembangan Anak Usia Dini Online


Nama Inisiator

Sekolah Bintang Bangsaku

Organisasi

Sekolah Bintang Bangsaku

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Dokumentasi anak usia dini dan pendidikannya, Dokumentasi Perkembangan anak, dilakukan oleh orang tua yang bisa dilakukan di sekolah, oleh guru, oleh orang tua, untuk menjadi data rekam anak yang komprehensif, berbasis database online.

Masalah yang Diangkat

Perkembangan dan pendidikan anak usia dini mutlak harus dikawal oleh guru, orang tua dan sekolah. Masalah-masalah dan penanganan yang ada harus bisa di catat, didokumentasikan untuk mencari solusi terbaik untuk anak. Orang tua dapat saling belajar dengan guru dan perkembangan anak terpantau sesuai kebutuhan anak, untuk menentukan cara belajar dan metode pendidikan yang terbaik dan pas untuk anak secara individu dan kelompok.

Solusi

Sebuah database server online yang bisa diakses oleh guru, orang tua dan sekolah. Juga data yang bisa di akses oleh umum untuk riset. Data diisikan oleh guru dan orangtua setiap hari tentang perkembangan anak, indikator keberhasilan perkembangan anak. Terutama untuk terapi dan perkembangan permasalahan anak pada konsentrasi, deteksi usia dini, kesehatan, karakteristik dan pencatatan pelajaran, guru dan pengalaman anak. Data tersebut menjadi bahan untuk evaluasi mingguan orangtua, guru, maupun sekolah. Untuk digunakan sebagai pelaporan pendidikan baik resmi sekolah maupun catatan untuk pengajaran dan parenting. Pendokumentasian harian sangat penting untuk menjaga dan mengetahui praktik terbaik untuk pembelajaran terhadap anak, dan bisa catatan bisa digunakan secara akademis untuk mendapatkan solusi bagi permasalahan yang dihadapi anak, orang tua, guru maupun sekolah.
Pihak yang diuntungkan adalah Sekolah Bintangbangsaku, metode brainbased, dan jaringannya. Orang tua dan minimal 80 anak tiap tahun yang menjadi siswa sekolah Bintang Bangsaku

Target

Sekolah Bintangbangsaku, metode brainbased, dan jaringannya. Orang tua dan minimal 80 anak tiap tahun yang menjadi siswa sekolah Bintang Bangsaku

Indikator Sukses

Sudah selama 8 tahun metode ini dilakukan secara offline, dan menghabis-habiskan kertas. Diukur secara pendidikan Psikologi, pretes dan postes, mendapatkan hasil yang signifikan. Anak dengan hambatan khusus dengan metode ini dapat terpantau dan mendapatkan hasil terbaiknya, dalam indikator perkembangannya. Metode ini akan dirasa berhasil jika di duplikasi dan diterima oleh banyak paud dari metode pembuatan kurikulum, rencana pembelajaran harian dan pencatatannya.

Lokasi

Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

500 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Pembuatan database, training bagi ortu dan guru selama 6 bulan, juga ke sekolah-sekolah paud yang sudah mau mengadopsi metode ini. Sekarang masih dilakukan secara manual, dan dari pihak guru dan sekolah saja.