Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

724 - Portal UKM dungde.com (Social Network Media dan Manager Pendamping bagi Petani, Peternak, dan Pengusaha Kecil)


Nama Inisiator

SIP Media

Organisasi

SIP Media

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Sektor riil dan Usaha Kecil Mengengah (UKM) merupakan ujung tombak perekonomian nasional. Dengan penyerapan tenaga kerja lebih dari 90% serta sumbangan 61% dari total produk domestik bruto indonesia (vivanews.com). Proyek ini merupakan terobosan dalam dunia UKM pada khusunya dan komunitas lain di Indonesia pada umumnya.

Masalah yang Diangkat

Untuk pilot project proyek ini, kami telah mensurvey bahwa koperasi dan BMT yang ada di Yogyakarta dan kita dapati memiliki tingkat NPL (Noun Performance Loan) atau Kredit macet yang tinggi. Dan informasi yang tidak terbuka menyebabkan ada petani membakar ladangya hingga 2ha.

Solusi

Untuk mengatasi NPL tinggi, sebagai pilot project kita berikan aplikasi BMT checking, sehingga akan ketahuan nasabah meminjam dimana saja. Untuk jendela informasi dan sentralisasi produk, kita gunakan sms blasting.
Pihak yang diuntungkan adalah para pengusaha kecil UKM dengan promosi yg kita miliki dan Peta UKM, Pihak Koperasi dan BMT serta Asosiasi Koperasi dan investor juga AKAN mengetahui lokasi produk di wilayah Indonesia.

Target

Pertama jelas para pengusaha kecil UKM dengan promosi yg kita miliki dan Peta UKM, Pihak Koperasi dan BMT serta Asosiasi Koperasi dan investor juga AKAN mengetahui lokasi produk di wilayah Indonesia.

Indikator Sukses

Saat setiap BMT di seluruh Indonesia sudah mengakses web ini dan pelaku UKM semakin sejahteradengan adanya web ini.

Lokasi

Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

365 Juta Rupiah

Durasi Proyek

16 September 2011 – 16 September 2012