Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Blog Anak-anak Perbatasan

722

722 - Blog Anak-anak Perbatasan


Nomor:
722

Inisiator:
Adythia Ariestanto

Organisasi:

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Sidoarjo, Jawa Timur

Dana:
500 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari 2011-Maret 2012 (15 bulan)

Deskripsi Proyek:
Wilayah perbatasan seringkali menjadi wilayah yang hampir tidak terperhatikan. Padahal permasalahan di wilayah ini bertumpuk mulai dari kesenjangan sosial dengan negara-negara tetangga, ikatan kekerabatan, hingga konflik batas wilayah. Proyek “Blog Anak-Anak Perbatasan” ini dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan informasi antara mereka yang ada di wilayah perbatasan, khususnya anak-anak, dengan masyarakat luas dan para pengambil kebijakan. Fokus kepada anak-anak dipilih karena anak-anak seringkali ada pada posisi paling rentan dari sebuah masalah. Ketika orang-orang dewasa bisa memilih sendiri berbagai saluran untuk menyuarakan pendapat, anak-anak malah sering terpinggirkan dan tidak dihargai pilihan-pilihannya. Sementara alasana pemilihan media blog yang dipakai adalah karena aksesnya yang bisa terbuka kepada masyarakat luas sehingga cerita-cerita yang dikisahkan dapat langsung diakses secara luas dan bersama-sama.

Masalah yang ingin diatasi:
Fokus masalah yang berusaha diatasi dalam proyek ini adalah bagaimana anak-anak di wilayah perbatasan dapat mengabarkan kondisi mereka, melakukan kampanye, mengusulkan solusi, dan berbagi cerita dengan masyarakat luas dan pengambil kebijakan negara melalui media blog.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Berkeliling ke wilayah-wilayah perbatasan Indonesia untuk menemui komunitas anak-anak dan mengetahui dengan pasti kesulitan-kesulitan yang mereka alami.<br /> 2. Pelatihan menulis blog untuk anak-anak di wilayah perbatasan untuk bisa mengabarkan kisah mereka melalui media blog.<br /> 3. Memberikan bantuan akses internet yang mudah dioperasikan oleh anak-anak di wilayah perbatasan<br /> Pihak yang diuntungkan adalah anak-anak di 15 wilayah perbatasan Indonesia rentang usia 12-18 tahun.

Ukuran kesuksesan:
1. Ada kunjungan ke 15 kabupaten kota yang menjadi wilayah perbatasan darat Indonesia dengan negara lain.<br /> 2. Ada pelatihan penulisan blog minimal 4 kali pertemuan di minimal 1 komunitas anak di tiap kabupaten/kota perbatasan darat Indonesia dengan negara lain.<br /> 3. Ada 15 komunitas di 15 kabupaten/kota perbatasan darat indonesia dengan negara lain yang mendapat bantuan akses internet.<br /> 4. Ada 1 blog bersama tentang kisah anak-anak perbatasan.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas