Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

720 - Warisan Indonesia peduli Komunitas Adat Terpencil


Nama Inisiator

PT. MEDIA WIDYA DELASIGA

Organisasi

PT. MEDIA WIDYA DELASIGA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Warisan Indonesia merupakan inisiatif untuk melakukan publikasi dan pemaknaan ulang melalui reinterpretasi dan reposisi budaya Indonesia sejak tahun 2010. Selama ini pemberitaan mengenai budaya dan kebudayaan masyarakat indonesia masih sangat minim. Lahirnya Warisan Indonesia mendapatkan apresiasi positif dari pembaca peminat budaya dan pemerhati budaya.
Program ini merupakan program peliputan secara mendalam terhadap sampling 12 komunitas masyarakat Adat terpencil di Indonesia yang tersebar di Nusantara. Peliputan tidak hanya serta-merta mengenai kehidupan kulturalnya tetapi juga aspek sosiopolitiknya.
Peliputan selain dimuat dalam majalah offline Warisan Indonesia juga akan dimuat adalah media online dan memanfaatkan facebook serta twitter untuk mendukung promo.

Masalah yang Diangkat

Budaya dan masyarakat adat di Indonesia sepertinya tidak mendapatkan perhatian oleh media massa di Indonesia. Pemberitaan mengenai kebudayaan hanya mendapatkan porsi yang minimal di media massa Indonesia. Sedangkan di pihak lain, media massa asing cukup rajin melakukan perburuan berita mengenai tradisi dan budaya di Indonesia.
Permasalahan lainnya, pemberitaan mengenai budaya hanya dilihat semata-mata sebagai sebuah event ritual tanpa kemudian melihat adanya aspek sosiokultural masyarakat yang menghidupinya. Hal tersebut yang kemudian membuat kebudayaan hanya dilihat di tataran permukaan dan tidak mendalam sebagai sebuah pola pikir dan paradigma yang membentuk struktur sosial suatu masyarakat.
Warisan Indonesia berusaha untuk menghidupkan kembali dan melakukan kodifikasi terhadap tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang tidak sekedar hanya melihat aspek ritual tetapi lebih mendalam sebagai sosiokultural masyarakat.

Solusi

Warisan Indonesia akan melakukan peliputan di 12 Komunitas Adat Terpencil untuk mengangkat kembali tradisi dan aspek sosiokultural mereka dalam pemberitaan di Majalah Warisan Indonesia.
Pihak yang diuntungkan adalah masyarakat adat dari masing-masing daerah yang diliput oleh Warisan Indonesia dan pemerintah daerah sasaran liputan.

Target

Masyarakat adat dari masing-masing daerah yang diliput oleh Warisan Indonesia dan pemerintah daerah sasaran liputan.

Indikator Sukses

Terbitnya 12 edisi Warisan Indonesia yang mengupas mengenai budaya dan tradisi dari Komunitas Adat Terpencil.

Lokasi

Bekasi

Dana yang Dibutuhkan

1,2 Miliar Rupiah

Durasi Proyek

November 2011 – Oktober 2012 (12 bulan)