Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

714 - Penggunaan booklet karikatur sebagai alat untuk Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Bagi Kader Pos PAUD di Kotamadya Salatiga


Nama Inisiator

Enjang Wahyuningrum

Organisasi

UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) Salatiga, Jawa Tengah

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kader Pos PAUD untuk menggunakan media dalam mempermudah melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak di Pos PAUD Kotamadya Salatiga. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan deteksi dini tumbuh kembang anak bagi kader Pos PAUD yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang tumbuh kembang anak. Pelatihan atau training merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi kader Pos PAUD, karena selama ini pembekalan yang diberikan hanya berupa seminar. Deteksi dini tumbuh kembang anak menjadi penting karena merupakan suatu proses penjaringan kondisi tumbuh kembang anak.
Media yang digunakan untuk melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak adalah booklet karikatur, sehingga mempermudah bagi kader Pos PAUD untuk memahami bagaimana cara deteksi dini tumbuh kembang anak.

Masalah yang Diangkat

Pengetahuan dan keterampilan kader Pos PAUD tentang deteksi dini tumbuh kembang anak yang selama ini masih kurang optimal. Hal ini dikarenakan latar belakang pendidikan yang bervariasi serta kurangnya pelatihan atau training mengenai deteksi dini tumbuh kembang anak.

Solusi

Melakukan pelatihan tentang deteksi dini tumbuh kembang anak untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pelatihan memberikan waktu bagi peserta untuk berlatih keterampilan. Metode pelatihan dan media yang digunakan dalam pelatihan mempermudah peserta untuk memahami pengetahuan dan keterampilan mengenai deteksi dini tumbuh kembang anak. Demikian juga media yang digunakan untuk deteksi dini tumbuh kembang, sehingga mudah digunakan.

Manfaat secara langsung adalah Kader Pos PAUD di Salatiga. Secara tidak langsung bagi anak usia dini di Kotamadya Salatiga

Target

Manfaat secara langsung adalah Kader Pos PAUD di Salatiga. Secara tidak langsung bagi anak usia dini di Kotamadya Salatiga

Indikator Sukses

Kader Pos PAUD dapat melakukan deteksi dini tumbuh kembang anak melalui Media booklet bergambar yang dibuat mudah untuk digunakan bagi Kader Pos PAUD.

Lokasi

Salatiga, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

100 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Oktober 2011 – Maret 2012 (enam bulan)