Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

710 - Media Sekolah: Suara Pelajar, Suara Rakyat


Nama Inisiator

Kurnia Ratna Yuliani

Organisasi

Topik

Kebebasan dan etika bermedia

Deskripsi Proyek

Trend media warga tengah berkembang pesat seiring demokratisasi. Citizen Jurnalism lahir dari era keterbukaan berekspresi dan kebebasan memperoleh informasi.

Pelajar adalah salah satu warga negara yang memiliki hak memperoleh informasi dan berhak pula berekspresi melalui penyebaran informasi. Karena itu keberadaan media warga di sekolah dirasakan penting guna memberi ruang bagi pelajar mengekspresikan aspirasi dan inspirasi yang dimilikinya.

Masalah yang Diangkat

Meski era keterbukaan telah berlangsung, namun pendidikan pada tingkat sekolah menengah tidaklah memiliki kebebasan penuh berekspresi di sekolah. Banyak aturan dan ketentuan sekolah membatasi pelajar untuk mengekspresikan minat dan bakatnya namun dibatasi oleh aturan-aturan sekolah yang mengungkung kebebasan berekspresi sesuai dengan etika.

Solusi

Dengan adanya media warga bagi pelajar online, maka hambatan berekspresi yang selama ini terkungkung dapat diatasi. Media warga bagi pelajar dapat mendorong para pelajar menuliskan ide dan bakat menulisnya tanpa dibatasi aturan yang menghambat keterbukaan informasi dalam mengakses informasi pendidikan dan menyebarluaskannya.

Para pelajar yang sedang bersekolah pada tingkat sekolah menengah atas di seluruh Makassar maupun diluar Makassar

Target

Indikator Sukses

Efektifitas dapat diukur melalui:
1. Popularitas media dilihat dari jumlah hits/pembaca.
2. Frekuensi kegiatan publikasi/postingan dari anggota/member terferivikasi.

Lokasi

Makassar

Dana yang Dibutuhkan

150 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Oktober 2011-Maret 2012