Anda berada di mode pratinjau.
| |

Sahabat Indonesia

698

698 - Sahabat Indonesia


Nomor:
698

Inisiator:
Bugi Kabul Sumirat

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Bogor, Jawa Barat

Dana:
250 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
1 tahun (Juni 2012 – Juni 2013)

Deskripsi Proyek:
Sahabat Indonesia, yang mempunyai motto: Sahabat Indonesia dan Indonesia yang bersahabat, akan menjadi media online (dalam bentuk website) dan non online (antara lain dalam bentuk majalah dan pertemuan-pertemuan komunitas/kopdar) yang mencoba untuk menjadi jembatan antara manusia-manusia Indonesia dalam bertukar informasi dan pengalaman yang ada kaitannya dengan sosial dan budaya, termasuk didalamnya adalah lingkungan. Jembatan ini diharapkan dapat menjadi upaya untuk meminimalisir potensi-potensi konflik sosial dan budaya yang dapat memicu konflik SARA yang lebih luas melalui keterbukaan informasi dan pemahaman yang lebih luas mengenai keIndonesiaan manusia-manusia Indonesia.

Masalah yang ingin diatasi:
Generasi muda, terutama siswa sekolah menengah, dimana diharapkan mereka dapat menjadi ‘agent of change’ dengan pemahaman yang selaras dengan Sahabat Indonesia. Untuk tahap pertama kegiatan ini akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Bogor dan Makassar.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Indonesia adalah Negara yang kaya akan jumlah etnis/suku, Bahasa, budaya hingga kuliner dan lingkungan. Namun kekayaannya tersebut banyak yang belum diketahui secara lebih luas lagi. Banyak potensi-potensi konflik sosial budaya yang berasal muasal dari belum terbukanya pemahaman yang signifikan akan keanekaragaman tersebut yang berpotensi menimbulkan kesalahpahaman, apa yang terjadi di Ambon beberapa waktu lalu adalah salah satu contohnya. Melalui pembentukan website Sahabat Indonesia, pembuatan majalah Sahabat Indonesia, workshop tentang keIndonesiaan serta ajang pertemuan komunitas Sahabat Indonesia diharapkan dapat lebih membuka cakrawala tentang keIndonesiaan, baik yang tergabung di dalamnya maupun bagi yang mendapatkan informasi-informasi yang didistribusikan oleh Sahabat Indonesia. Penekanan kata ‘Sahabat’ disini memang ditujukan untuk memulai dijalin persahabatan-persahabatan diantara individu-individu manusia Indonesia dari pelbagai daerah. Dari individu-individu inilah diharapkan akan menyebar secara lebih luas lagi kepada berbagai lapisan masyarakat.<br /> Yang diuntungkan:<br /> 1. Melalui website bilingual (Indonesia – Inggris) Sahabat Indonesia – akan dimuat profil-profil Sahabat Indonesia serta informasi sosial budaya, termasuk didalamnya adalah informasi pariwisata dan kuliner. Profil Sahabat Indonesia yang dimuat di website diutamakan kepada mereka yang telah berkontribusi terhadap upaya-upaya penyebarluasan informasi sosial budaya maupun peningkatan kapasitas masyarakat secara umum.<br /> 2. Melalui majalah Sahabat Indonesia, yang merupakan bentuk lain dari website Sahabat Indonesia, diharapkan informasi tersebut dapat lebih tersebar luas.<br /> 3. Melalui workshop menulis, termasuk blogging, diharapkan akan lebih banyak ide dan pengalaman bermunculan mengenai pengaplikasian Sahabat Indonesia dalam kehidupan nyata sehari-hari.<br /> 4. Melalui pertemuan komunitas Sahabat Indonesia diharapkan tukar menukar pengalaman dan sense of belonging dari para anggota komunitas dapat lebih ditingkatkan. Komunitas ini akan berada dalam lingkup komunitas yang tergabung dalam jejaring sosial facebook dan twitter.

Ukuran kesuksesan:
Keberhasilan diukur dari respon yang muncul terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Sahabat Indonesia seperti respon terhadap website, distribusi majalah, serta kegiatan-kegiatan komunitas Sahabat Indonesia lainnya. Di akhir kegiatan juga akan dilakukan online survey untuk mengukur apa yang sudah dilakukan oleh Sahabat Indonesia, dimana kekurangannya serta hal-hal lain yang perlu diperbaiki untuk melanjutkan kegiatan Sahabat Indonesia ini.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas