Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

687 - DVD Interaktif: Aceh sebelum dan sesudah tsunami, sebuah pembelajaran


Nama Inisiator

Mawardi Muhammad

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Musibah tsunami yang melanda pantai barat Sumatra 26 Desember 2004 telah membuka mata dunia akan pentingnya penanganan dini menghadapi keadaan darurat akibat bencana alam. DVD interaktif ini memberikan gambaran jelas akan pentingnya penanganan dini untuk menghadapi musibah tersebut melalui penjelasan teks, narasi audio, foto, karikatur dan video animasi. DVD interaktif ini nantinya akan diberikan secara gratis kepada sekolah-sekolah yang ada di Aceh. DVD interaktif ini bisa diakses melalui PC ataupun komputer Mac.

Masalah yang Diangkat

Tingkat baca pelajar di Aceh menjadikan transfer knowledge tentang kejadian tsunami dan apa yang harus dikerjakan sewaktu musibah tersebut akan terjadi sangatlah susah, padahal para pelajar inilah yang kelak harus memberikan pengetahuan yang benar dan jelas akan musibah tersebut. Dengan penerapan metode interaktif membuat minat ingin tahu akan hal ini menjadi lebih mudah dan tepat sasaran.

Solusi

* Pengumpulan literatur
* Pembuatan storyboard
* Pembuatan naskah narasi
* Pembuatan karikatur dan animasi
* Pemograman DVD interaktif yang menggunakan software Adobe Director
* Burning DVD
* Distribusi
Yang diuntungkan:
Setiap sekolah SLTA di Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat selaku daerah terparah terkena dampak gempa dan tsunami dan juga masyarakat yang ada di daerah-dearah tersebut di atas.

Target

* Pengumpulan literatur * Pembuatan storyboard * Pembuatan naskah narasi * Pembuatan karikatur dan animasi * Pemograman DVD interaktif yang menggunakan software Adobe Director * Burning DVD * Distribusi

Indikator Sukses

Setiap anak pelajar SLTA mengerti dan paham bagaimana harus bertindak sewaktu musibah gempa dan tsunami terjadi.

Lokasi

Aceh

Dana yang Dibutuhkan

735 Juta Rupiah

Durasi Proyek

November 2011 – April 2012 (6 Bulan)