Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

673 - Less Trash,More Garden


Nama Inisiator

Peta Hijau Malang

Organisasi

Peta Hijau Malang

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Sebuah pemetaan kesadaran mahasiswa terhadap ketertiban membuang sampah dan kurangnya Ruang Terbuka Hijau Universitas Brawijaya Malang. Pembuatan peta ruang terbuka hijau dan survey kesadaran mahasiswa tentang ketertiban membuang sampah di Universitas Brawijaya.
Peta Hiaju Malang menjadi media unik yang menitik beratkan isu mengenai kesadaran mahasiswa sebagai agen penjaga lingkungan sekitar terhadap banyaknya sampah yang berserakan di lingkungan Universitas Brawijaya dan kurangnya ruang terbuka hijau yang berefek pada kelestarian lingkungan.
Peta yang telah menjadi output proyek ini akan menjadi media yang kemudian disosialisasikan kepada Civitas akademika Universitas Brawijaya Malang agar dapat memahami keadaan sebenarnya dari mental segenap Civitas akademika Universitas Brawijaya dan keadaan lingkungan yang kurang lestari.
Proyek ini dapat memacu media informasi pers kampus dan fakultas untuk mulai memandang permasalahan lingkungan, tidak hanya permasalahan politik dan pendidikan.

Masalah yang Diangkat

Mahasiswa dan Ciivitas akademika di Universitas Brawijaya Malang

Solusi

1. Pers Mahasiswa sebagai pemberi wacana terhadap Civitas akademika lebih menitik beratkan perhatian pada isu politik dan pendidikan, bukan lingkungan.
2. Masalah ketidaksadaran Civitas Akademika akan ketertiban membuang sampah dan kurangnya ruang terbuka hijau karena perkembangan lingkungan kampus mengutamakan pembangunan gedung – gedung bertingkat.
Yang diuntungkan:
Peta hijau sebagai media informasi yang telah didapat berdasarkan Green Map System membawa data & fakta permasalahan yang telah disebut diatas. Kemudian peta tersebut di sosialisasikan kepada mahasiswa maupun seluruh staff di Universitas Brawijaya sehingga dapat menyadari dan mulai bergerak untuk membuat perubahan.
Perubahan inilah yang akan mencuri perhatian pers mahasiswa terhadap isu lingkungan di Universitas Brawijaya dengan Peta Hijau Malang sebagai stimulannya.

Target

Peta hijau sebagai media informasi yang telah didapat berdasarkan Green Map System membawa data & fakta permasalahan yang telah disebut diatas. Kemudian peta tersebut di sosialisasikan kepada mahasiswa maupun seluruh staff di Universitas Brawijaya sehingga dapat menyadari dan mulai bergerak untuk membuat perubahan. Perubahan inilah yang akan mencuri perhatian pers mahasiswa terhadap isu lingkungan di Universitas Brawijaya dengan Peta Hijau Malang sebagai stimulannya.

Indikator Sukses

1. Dengan mengasilkan sebuah media khusus dan aksi peduli ruang terbuka hijau & ketertiban pembuangan sampah di Universitas Brawijaya Malang yang menuntut ditambahnya ruang terbuka hijau serta penambahan media sosialisasi kesadaran membuang sampah pada tempatnya.
2. Media Pers mahasiswa menambah perhatiannya terhadap isu lingkungan sehingga semakin memperkuat kesadaran Civitas akademika terhadap kelestarian lingkungan.

Lokasi

Malang, Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

3,3 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Oktober 2011 – April 2012 ( Tujuh bulan )