Anda berada di mode pratinjau.
| |

Berbagi Dukungan

665

665 - Berbagi Dukungan


Nomor:
665

Inisiator:
Eko Bambang Subiantoro

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Kota Depok Jawa Barat

Dana:
350 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
6 Bulan (Januari-Juni 2011)

Deskripsi Proyek:
Kemitraan 3 komunitas perempuan di Salatiga, Manado dan Bengkulu yang mengoptimalkan fungsi kamera telepon seluler dan media sosial (facebook) untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam memberdayakan diri.

Masalah yang ingin diatasi:
Pengalaman pemberdayaan yang ada dalam satu komunitas perempuan dapat menjadi pelajaran penting baik bagi perempuan secara individu maupun kelompok secara luas. Permasalahannya, pengalaman pemberdayaan itu tidak mempunyai wadah yang bisa memfasilitasi bagaimana proses tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kelompok lain dengan bentuk yang lebih kreatif, sehingga pengalaman pemberdayaan itu tidak hanya sekedar menjadi informasi, tetapi juga bisa berfungsi sebagai media untuk saling mendukung ketika perempuan menghadapi situasi yang sama terkait masalah keadilan dan kesetaraan. Untuk itulah, program “Berbagi Dukungan” ini bertujuan untuk menciptakan media interaktif yang memfasilitasi pengalaman pemberdayaan perempuan komunitas untuk saling menguatkan antara kelompok perempuan satu dengan yang lainnya.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Setiap komunitas perempuan yang bermitra dalam program “Berbagi Dukungan” ini akan mendapatkan workshop tentang optimalisasi teknologi informasi dan sosial media, pembekalan materi gender dan pembekalan fotografi sederhana melalui telepon seluler. Komunitas perempuan itu dalam periode 1 minggu diminta untuk memotret kehidupan sehari-hari tentang aktivitas mereka sehari-hari. Selanjutnya akan dilakukan workshop dan presentasi hasil pemotretan. Hasil foto tersebut akan diseleksi oleh tim program berbagi dukungan. Akan dipilih 20-50 foto yang sesuai sasaran, untuk kemudian dicetak, dipamerkan di lingkungan komunitas dan juga diskusi hasil foto yang terseleksi. Dari foto-foto yang terseleksi tersebut, akan diupload di sosial media yang sudah disepakati. Setiap mitra akan melalui proses yang sama. Selanjutnya mereka akan intensif bertukar pengalaman melalu sosial media dan terus mengembangkan informasi dan pengetahuan yang akan diproduksi.<br /> Yang diuntungkan:<br /> Penjelasan singkat tidak lebih dari 75 kata. Contoh:target grup mahasiswa 19-23 tahun di 10 universitas di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi

Ukuran kesuksesan:
1.Teroptimalisasikan telepon seluler sebagai alat pengidentifikasian diri di komunitas.<br /> 2. Partisipasi komunitas dalam mengikuti tahapan proses .program<br /> 3. Komunitas aktif mempromosikan pengalamannya dalam bentuk foto kedalam sosial media.<br /> 4. Terjadi proses interaktif antar komunitas atas pengalaman yang berbeda dengan satu sumber masalah yang sama.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas