Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

658 - Virus Menulis di Sekolah


Nama Inisiator

Ficky Ubaidillah

Organisasi

Lingkar Media

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Ini merupakan sebuah proyek untuk menumbuhkan minat dan daya kretifitas para pelajar sekolah di bidang menulis. Dibentuk dalam wadah komunitas menulis di masing-masing sekolah, para pelajar tersebut akan menerbitkan sebuah produk majalah. Berisi tentang kondisi keseharian yang dekat dengan mereka, tentang cita-cita dan keinginan para pelajar.

Masalah yang Diangkat

Selama ini media-media yang ada (khususnya di Kabupaten Kudus) tidak memiliki ruang khusus untuk komunitas pelajar atau remaja. Padahal dunia remaja adalah dunia yang dinamis yang juga rentan akan pengaruh-pengaruh dari luar.

Solusi

Memberikan pelatihan menulis dan jurnalistik, yang selanjutnya akan diterbitkan dalam majalah di sekolah masing-masing. Di dalamnya akan berisi tentang kondisi keseharian yang dekat dengan mereka dan komunitasnya yang akan mengasah nalar kritis dan kesadaran mereka atas informasi yang berkembang

Yang diuntungkan:
Target pelajar di 10 Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kudus

Target

memberikan pelatihan menulis dan jurnalistik, yang selanjutnya akan diterbitkan dalam majalah di sekolah masing-masing. Di dalamnya akan berisi tentang kondisi keseharian yang dekat dengan mereka dan komunitasnya yang akan mengasah nalar kritis dan kesadaran mereka atas informasi yang berkembang.

Indikator Sukses

Terbentuknya jaringan lingkar media yang berisi komunitas majalah sekolah.
Para pelajar mampu berpikir kritis sejak dini, sadar media, dan mampu menyuarakan aspirasi mereka melalui media tulisan.

Lokasi

Jawa Tengah/Kudus

Dana yang Dibutuhkan

150 Juta Rupiah

Durasi Proyek

NOVEMBER 2011 – OKTOBER 2012