Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

650 - Jurnalisme Warga untuk Memperkuat Demokrasi dan Hak Asasi Manusia


Nama Inisiator

ACEHKITA.COM

Organisasi

ACEHKITA.COM

Topik

Kebebasan dan etika bermedia

Deskripsi Proyek

Memadukan konsep jurnalisme profesional dengan jurnalisme warga. Dua kekuatan ini mampu mendorong peningkatan kualitas demokratisasi, penegakan hukum, dsn penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan hak asasi manusia. Jurnalisme Warga menjadi alternatif (penyeimbang) informasi yang diberitakan media mainstream. Melalui kanal ini, warga juga dapat mengoreksi berita yang disajikan wartawan acehkita. Sebab, dengan perpaduan dua konsep jurnalisme ini, acehkita akan membuka ruang untuk warga mengoreksi berita yang kami sajikan. Jurnalisme Warga juga kami hadirkan untuk mendorong partisipasi warga dan agar warga lebih familiar dalam dunia tulis menulis, sehingga mereka tidak tergantung pada kehadiran wartawan media mainstream ketika ingin menyebarluaskan informasi. Namun, Jurnalisme Warga yang kami kembangkan adalah yang penuh etika.

Masalah yang Diangkat

Kami ingin memberitakan Aceh dengan memadukan dua konsep kekuatan jurnalisme: profesional dan citizen journalism. Namun Jurnalisme Warga tak terlalu tumbuh di Aceh, karena kekurangan pengetahuan terhadap genre yang satu ini, selain masih kurangnya ketersediaan ruang bagi warga untuk mempraktikkan citizen journalism.
Tujuan: 1) Mengembangkan media berbasis Jurnalisme Profesional dan Jurnalisme Warga di Aceh. 2) Membangun hub antara jurnalisme profesional dengan jurnalisme warga. 3) Menciptakan reporter warga.

Solusi

Memberikan porsi ruang 50:50 bagi Jurnalisme Warga dan Jurnalisme Profesional, melatih pelaku jurnalisme warga, dan mengadakan pelatihan etika pers dan nilai-nilai keberagaman, humanisme, dan HAM

Mahasiswa, komunitas, masyarakat marginal, minoritas, dan aktivis LSM

Target

mahasiswa, komunitas, masyarakat marginal, minoritas, dan aktivis LSM

Indikator Sukses

Terbangunnya media berbasis jurnalisme dan jurnalisme profesional, bertambahnya jumlah wartawan warga yang menulis di acehkita.com, dan bertambahnya jumlah konten lokal yang dihasilkan wartawan dan wartawan warga di acehkita.com

Lokasi

Aceh

Dana yang Dibutuhkan

350 Juta Rupiah

Durasi Proyek

November 2011 – November 2012