Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

615 - Sharing Keliling (SK)


Nama Inisiator

SalingSilang.com

Organisasi

SalingSilang.com

Topik

Kebebasan dan etika bermedia

Deskripsi Proyek

Sharing Keliling (SK) adalah workshop keliling ke14 kota di Indonesia yang meliputi kota Pontianak, Surabaya, Semarang, Medan, Jogja, Ambon, Balikpapan, Bangkalan, Denpasar, Bandung, Batam, Solo, Malang, Makassar. Ada tiga jenis worskhop yang digelar: Creative Writing, Photoblogging, Videoblogging. Menurut rencana, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan kota yang berbeda-beda.
Misi Sharing Keliling adalah berbagi pengalaman dan ilmu tentang menulis, memotret, dan merekam video dengan segala keterbatasan yang ada namun tetap bisa menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Dengan adanya Sharing Keliling diharapkan bisa menggugah publik untuk semakin aktif dan kreatif untuk bisa mendokumentasikan peristiwa dan momen baik dalam bentuk tulisan, foto, atau video, yang bisa dibagikan ke orang lain, untuk meningkatkan jumlah konten positif di internet.

Masalah yang Diangkat

Penggunaan internet di Indonesia sedang booming. Namun hal itu tidak dibarengi dengan kualitas dan kuantitas content asli Indonesia. Para pengakses internet Indonesia lebih banyak menggunakan dan mengonsumsi layanan/content asing. Itu pun belum termasuk tingginya akses terhadap content negatif/ tidak senonoh.

Solusi

Salingsilang.com menjawab persoalan tersebut dengan menjalankan proyek bernama Sharing Keliling untuk mengajarkan ke publik, terutama generasi muda, agar aktif dan kreatif menghasilkan content positif berupa tulisan, foto, dan video untuk keperluan media apa saja, khususnya media internet di Indonesia.Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah remaja, siswa sekolah menengah, mahasiswa, atau para pengakses internet pemula di seluruh Indonesia, terutama di kawasan luar pulau Jawa.

Target

Target audiensi kami adalah remaja, siswa sekolah menengah, mahasiswa, atau para pengakses internet pemula di seluruh Indonesia, terutama di kawasan luar pulau Jawa.

Indikator Sukses

Indikator keberhasilan dari aktivitas yang kami lakukan antara lain sambutan dan antusiasme dari peserta Sharing Keliling di masing-masing lokasi/ kota. Selain itu, makin banyak content berupa tulisan, foto, dan video yang dihasilkan oleh para peserta melalui layanan web yang disediakan oleh SalingSilang.com.

Lokasi

Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

USD 1 M

Durasi Proyek

Berkala setiap tahun atau selama SalingSilang mampu dengan penambahan jumlah kota.