Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

614 - Masyarakat Jawa Timur Melek Media


Nama Inisiator

Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Cabang Surabaya

Organisasi

Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Cabang Surabaya

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Menjadi fasilitator masyarakat Jawa Timur secara umum agar melek media. Agar masyarakat bisa memanfaatkan media secara proporsional. Selain itu, kami ingin berpartisipasi secara aktif menyiapkan SDM yang mengenal jurnalistik agar kelak mampu mengisi lapangan kerja di bidang itu.

Masalah yang Diangkat

Permasalahannya, pemberitaan di media massa seringkali menyebabkan masyarakat salah persepsi atau terprovokasi. Sehingga perlu penyikapan secara proporsional. Ini yang disebut masyarakat melek media.

Solusi

Melek media dilakukan dengan dua cara, yaitu

1. Sosialisasi/pelatihan jurnalistik dasar: pengenalan media dan konten-kontennya. Juga cara agar bisa terlibat aktif di media.
2. Penerbitan media bulanan sebanyak @2000 eksemplar/bulan selama setahun.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalahusia produktif minimal 17 tahun, sebanyak maksimal 1000 orang. Tujuh wilayah kota/kabupaten yang disasar, yaitu Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember.

Target

Sasaran SDM kerja ini, yaitu usia produktif minimal 17 tahun, sebanyak maksimal 1000 orang. Tujuh wilayah kota/kabupaten yang disasar, yaitu Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember.

Indikator Sukses

Kesuksesan program ini terukur pada kemampuan peserta yaitu bisa berpartisipasi aktif dalam pemberitaan, minimal pada ruang “citizen journalist” di media massa mainstream.

Lokasi

Surabaya

Dana yang Dibutuhkan

192 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Dimulai pada Desember 2011 sampai NoVember 2012. Desember 2012 dilakukan evaluasi final. Penerbitan media dilakukan selama 12 kali sejak Januari–Desember 2012.