Anda berada di mode pratinjau.
| |

Media Komunitas, Menjadikan Media Kecerdasan Warga

605

605 - Media Komunitas, Menjadikan Media Kecerdasan Warga


Nomor:
605

Inisiator:
Lembaga Penyiaran Komunitas Swadesi FMLembaga Penyiaran Komunitas Swadesi FM

Organisasi:
Lembaga Penyiaran Komunitas Swadesi FM

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Bantul, Yogyakarta

Dana:
100 Juta Rupiah

Topik hibah:
Kebebasan dan etika bermedia

Masa Aktivitas:
Januari – April 2012

Deskripsi Proyek:
Memberikan pelatihan kepada warga sekitar, tentang IT, Jurnalis warga dan juga pemberdayaan Media Komunitas.<br /> <br /> IT sangat penting bagi warga, khususnya generasi muda sebab dengan mengenal IT lebih banyak maka akan didapat Ilmu yang banyak pula. Tidak menutup kemungkinan bagi warga yang sduah berusia lanjut usia, agar mereka tidak usah khawatir dengan kemajuan tehnologi bagi putra putinya.<br /> Jurnalis warga, kita akan mendidik sedikitnya 25 peserta Jurnalis. siapapun yang menjadi peserta akan menjadi Jurnalis warga . diharapakan dengan pelatihan ini nantinya akan melahirkan para jurnalis, yang handal, independent dan Jujur serta tidak memihak.<br /> Pemberdayaan Media Komunitas. Selain media radio kami menginginkan sebuah Media cetak, meski hanya Tabloid atau Koran 1 ( satu ) lembar tetapi isinya berupa liputan kegiatan warga serta aspirasi dari warga komunitas itu sendiri.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Kami akan melatih peserta tentang IT, semaksimal mungkin dengan golongan usia anak anak klas 5 SD sampai mahasiswa smenter III, atau para orang tua yang diberikan informasi bersama putra putri mereka.<br /> 2. Kami akan memberikan pengetahuan tentang manfaat Jurnalis bagi Warga , serta bagaimana menjadi Jurnalis yang baik, Independent, serta Investigasi berita.<br /> 3. Kami akan mendajak para ahli media cetak, media radio untuk memfungsikan peran media komunitas ini lebih optimal , dengan mengajak lebih banyak berbagai elemen warga.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Prasarana untuk IT<br /> Kami akan melatihnya / mengajarkan pada mereka dengan prasarana yang memadai , sehingga akan praktis dan berfungsi secara optimal. Selalin itu juga akses internet yang handal dan lancar. Diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan ini akan terampil, cerdas dan mumpuni.<br /> 2. Jurnalis Warga. Membutuhkan pelatih yang berpengalaman dibidangnya, serta bisa mendidik peserta menjadi sebuah professional.<br /> 3. Media Komunitas, selain pelatih yang berpengalaman dibidangnya. Agar nanti media bisa berfunsi maksimal dan bisa dinikmati warga. Selain itu kami juga menginginkan Prasarana untuk meaktualisasikan dari program ini. Misalnya peralatan yang diperlukan<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah anak dan remaja Kampung Kebon Duren, Depok, Jawa Barat.

Ukuran kesuksesan:
100 orang pelajar /mahasiswa: 15 – 20 Tahun dan warga : 25-35 tahun warga didaerah Pleret, Piyungan, Banguntapan aau warga Kabupaten Bantul, bagian Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas