Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

604 - Merajut Kebersamaan


Nama Inisiator

Yayasan Rebung Cendani

Organisasi

Yayasan Rebung Cendani

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Kampung Kebon Duren, merupakan salah satu desa di pinggiran Kota Depok yang sedang berkembang, namun warganya tidak dapat memaknai kemajuan itu sendiri. Dalam perubahan yang ada, peran warga tidak lebih hanya sebagai penonton perubahan.

Masalah yang Diangkat

Kemajuan teknologi informasipun tidak serta merta dapat diserap atau dimanfaatkan oleh anak dan remaja. Banyak informasi yang tidak utuh sampai di anak dan remaja, sehingga mereka tidak memiliki informasi pembanding. Dengan proyek ini kami akan memberikan informasi yang lebih utuh, yang dapat dijadikan pembanding. Lewat proyek ini pula kami akan mengembangkan pluralisme untuk merajut kebersamaan.

Solusi

Mengajak anak dan remaja mengeksplorasi informasi tentang pliralisme melalui internet dan menuangkannya kembali dalam catatan-catatan yang dibuat oleh anak melalui web, blog, facebook, dan tweeter (untuk remaja).
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah anak dan remaja Kampung Kebon Duren, Depok, Jawa Barat.

Target

Proyek ini akan menguntungkan anak dan remaja Kampung Kebon Duren, Depok, Jawa Barat.

Indikator Sukses

Anak dan remaja semakin trampil dan kritis dalam menggunakan internet disamping itu semakin meningkatnya pemahaman anak dan remaja terhadap persoalan pluralisme di Kampung Kebon Duren.

Lokasi

Depok, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

350 Juta Rupiah

Durasi Proyek

1 Oktober 2011 – 28 Maret 2012