Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

603 - Socionity – Jejaring Sosial Pendonor Darah


Nama Inisiator

Peb Ruswono Aryan

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Jejaring sosial untuk mencatat aktivitas donor darah dan merekam catatan medis pribadi , berbagi informasi dengan relasi di media sosial (facebook, twitter), mengumpulkan dan menyampaikan informasi kebutuhan akan darah dengan tepat, serta menjadi wadah untuk informasi kesehatan dan aktivitas komunitas pendonor darah.

Masalah yang Diangkat

Penyebaran Informasi tentang kebutuhan darah melalui media sosial selama ini masih dilakukan secara buta sehingga seringkali salah sasaran atau terlambat, Aktivitas donor darah dan keikutsertaannya biasanya hanya diketahui dan dipengaruhi lingkungan sosial terdekat, ketersediaan darah sebagai informasi publik tidak diketahui dengan mudah. serta kejadian mendadak seperti penyakit dan bencana alam seringkali ditanggapi secara reaktif.

Solusi

Layanan web dan perangkat genggam (smartphone/SMS) dengan fasilitas ‘check-in’ untuk setiap aktivitas donor darah yang terverifikasi oleh pengelola bank darah (mis. palang merah/rumah sakit), diseminasi informasi kegiatan donor darah melalui layanan notifikasi acara donor darah berdasarkan lokasi, serta penjaringan kebutuhan darah yang didapat dari fasilitas situs dan ekstraksi otomatis melalui analisis terhadap media sosial (facebook, twitter) untuk disampaikan kepada anggota yang memiliki kecocokan dengan karakteristik darah (golongan, RH) yang sesuai dan lokasi yang dekat.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah pendonor darah, pengelola bank darah (palang merah/rumah sakit), dan pihak yang membutuhkan di kota Bandung.

Target

pendonor darah, pengelola bank darah (palang merah/rumah sakit), dan pihak yang membutuhkan di kota Bandung

Indikator Sukses

Minimal 100 anggota yang bergabung di 6 bulan pertama, didapatkan melalui kegiatan donor darah di kampus dan acara publik lainnya di kota Bandung seperti ‘car free day’ yang bekerjasama dengan palang merah setempat.

Lokasi

Bandung

Dana yang Dibutuhkan

200 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012-Desember 2012