Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

602 - Rumah Selaras


Nama Inisiator

Yan Prabudi

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Rumah selaras merupakan wadah pelatihan dan penyaluran ide dan kreasi rakyat. Rumah Selaras memberikan pelatihan berupa wawasan tentang peran dan fungsi media, serta kemampuan teknis produksi konten media.
Di Rumah Selaras, peserta pelatihan/masyarakat diarahkan untuk mempunyai kesadaran bermedia dan dapat menyalurkan dan merealisasikan ide atau gagasan tentang konten media sesuai dengan kebutuhan mereka. Rumah Selaras menyediakan tempat pelatihan, peralatan dan wadah penyaluran ide berupa media kreasi rakyat (Web TV dan web portal, bioskop rakyat, dan media kampanye keliling). Media-media tersebut akan diisi oleh karya para peserta pelatihan dan Rumah Selaras.

Masalah yang Diangkat

1. Sentralisasi media khususnya televisi menyebabkan tidak meratanya sebaran informasi dan konten media dan minimnya konten lokal. Masyarakat di daerah selalu disuguhkan hal-hal yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan dan problematika kehidupan mereka. Hal ini juga dapat berdampak pada hilangnya jati diri masyarakat.
2. Minimnya akses dan pengetahuan tentang media bagi sebagian masyarakat di daerah khususnya di Sumatera Utara. Mahasiswa yang berpotensi besar sebagai praktisi media, juga seringkali terkendala oleh keterbatasan peralatan dan pengetahuan teknis produksi konten media.
3. Industri media yang hampir sepenuhnya berorientasi pada komersial, menyebabkan penyusunan konten media yang berorientasi komersial juga. Peran edukasi, informasi dan kontrol sosial media terkadang menjadi kabur. Isu-isu program yang mendukung multikulturalisme, peningkatan kesehatan, dan pendidikan masyarakat, budaya kemanusiaan serta lingkungan hidup menjadi program sekunder atau bahkan tertier.

Solusi

1. Memberikan pelatihan untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan teknis produksi konten media bagi masyarakat dan mahasiswa. Dengan modal pengetahuan tersebut mereka diharapkan dapat memproduksi konten-konten media yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan sesuai dengan fungsi media.
2. Menyediakan peralatan dan wadah bagi masyarakat yang telah mampu memproduksi konten media lewat sejumlah media seperti web TV, web portal, bioskop rakyat dan kampanye keliling.
3. Membangun unit usaha dan komunitas kreatif yang dapat mensubsidi media yang dibangun. Dengan cara ini media dibangun tidak untuk tujuan komersil atau hanya mencari keuntungan. Sehingga independensi dapat terjaga. Dan konsistensi untuk mengusung isu-isu multikulturalisme, peningkatan kesehatan dan pendidikan masyarakat, budaya kemanusiaan dan lingkungan hidup dapat dijaga.
4. Memotivasi masyarakat untuk membangun media-media komunitas.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah mahasiswa usia 18-24 tahun di 5 universitas di Sumatera Utara, masyarakat usia produktif di 5 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, dan seluruh konsumen produk media Rumah Selaras (Indonesia)

Target

1. Mahasiswa usia 18-24 tahun di 5 universitas di Sumatera Utara 2. Masyarakat usia produktif di 5 kabupaten dan kota di Sumatera Utara 3. Seluruh konsumen produk media Rumah Selaras (Indonesia)

Indikator Sukses

1. Jumlah peserta pelatihan
2. Kemampuan para peserta pelatihan dalam memproduksi konten media
3. Jumlah konsumen media yang dibangun serta sebaran wilayah para konsumen tersebut
4. Kuantitas kegiatan off air (penggalangan dan efek terhadap komunitas yang dibangun lewat media).
5. Kontinuitas program media (media berjalan dengan baik atau tidak)
6. Peningkatan jumlah mitra media

Lokasi

Medan, Sumatera Utara

Dana yang Dibutuhkan

280 Juta Rupiah

Durasi Proyek

12 bulan – berkelanjutan