Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

589 - Media Perempuan


Nama Inisiator

Anita Roza

Organisasi

NA

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Proyek ini simple dengan mengajak perwakilan perempuan (kader desa) untuk terlibat dalam komunitas menulis (citizen jurnalism). 150 perempuan direncanakan akan mendapatkan pelatihan untuk selanjutnya berkontribusi terhadap penyampaian informasi yang ada di lingkungan mereka, baik di desa maupun di kecamatan. Kedua, membuat media online, sebagai wadah penulisan dan penyampaian informasi bagi dunia luas (publik)

Masalah yang Diangkat

Hingga saat ini sangat sedikit berita mengenai perempuan mendapat porsi dalam setiap pemberitaan. Bahkan perempuan sering menadi nomor dua dalam memberi informasi kepada publik. Sebuah berita di daerah, sering perempuan tidak dijadikan sumber dalam pemberitaan, sehingga terkesan si wartawan atau si penulis tidak balance gender.

Solusi

Pertama, 150 perempuan di kabupaten Pidie diberikan pelatihan jurnalistik. Termasuk memberi pemahaman pentingnya perempuan terlibat dalam akses informasi kekinian. Kedua, Membuat komunitas perempuan menulis (citizen jurnalism) dan salah satu fungsinya adalah sebagai kontrol media. Ketiga, membuat media atau wadah penyebaran informasi dalam bentuk website, blog, dan media sosial lainnya.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah 150 orang perempuan di Kabupaten Pidie mendapat pelatihan dan memahami pentingnya media sebagai transformasi informasi dalam pembangunan dan perubahan Aceh.

Target

150 orang perempuan di Kabupaten Pidie mendapat pelatihan dan memahami pentingnya media sebagai transformasi informasi dalam pembangunan dan perubahan Aceh.

Indikator Sukses

Tersedianya wadah penyampaian informasi dalam bentuk website, adanya komunitas penulis perempuan di Kabupaten Pidie, dan adanya perubahan pemberitaan yang balance antara sumber dari laki-laki dan perempuan.

Lokasi

Aceh

Dana yang Dibutuhkan

120 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari – Juni 2012