Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

577 - Portal Jurnalisme Warga NTT


Nama Inisiator

Danny Wetangterah

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Media online ini adalah sebuah blog portal yang akan berisi beragam informasi berbasis jurnalisme warga dari seluruh Nusa Tenggara Timur, dengan target pada kelompok masyarakat yang memiliki keterbatasan akses media informasi. Informasi utama akan berupa: berita, artikel, Essay Foto dan Berita Video, dengan metode pemberitaan yang apresiatif dan mengutamakan kampanye praktek cerdas masyarakat.

Masalah yang Diangkat

Media lokal di NTT cenderung memuat berita yang belum mewakili kelompok dengan akses informasi yang terbatas (kelompok marjinal, masyarakat adat, masyarakat terpencil, korban, dll). Pemberitaan beritanya pun cenderung tidak apresiatif (dipenuhi dengan masalah). Media Online Jurnalisme Warga NTT ini akan menjadi sebuah alternatif pemberitaan.

Solusi

Kegiatan dilakukan dalam tahapan:
1. Profiling Aktor; mencari anggota masyarakat yang memiliki visi penyebaran informasi yang merata dan yang memiliki antusiasme atau yang sudah melakukan inovasi
2. Penguatan Visi dan Aksi Perubahan; para peserta dikuatkan visinya lewat pelatihan Appreciative Inquiry dan Pendekatan Berbasis Aset dan merencanakan aksi perubahan lewat Portal Jurnalisme Warga NTT
3. Launching Portal Jurnalisme Warga NTT.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah 250 orang wakil masyarakat, dari 8 kepulauan di NTT (Timor, Flores, Alor, Sumba, Sabu, Rote, Lembata, Solor).

Target

250 orang wakil masyarakat, dari 8 kepulauan di NTT (Timor, Flores, Alor, Sumba, Sabu, Rote, Lembata, Solor)

Indikator Sukses

1. Blog portal Jurnalisme Warga NTT dilaunching
2. Lebih dari 20 komunitas marjinal dan terbatas akses informasi mampu memberitakan berita mereka pada blog portal jurnalisme warga NTT minimal 12 kali selama 1 tahun.
3. 250 orang wakil komunitas terseleksi dilatih untuk jurnalisme warga.
4. Blog portal jurnalisme warga ntt diakui dan menjadi rujukan berita oleh media cetak dan radio lokal di NTT

Lokasi

Kupang, Nusa Tenggara Timur

Dana yang Dibutuhkan

300 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 – Juni 2012 (6 bulan)