Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Tuna Netra “Melek” Media dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi bagi Penyandang Cacat

560

560 - Tuna Netra “Melek” Media dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi bagi Penyandang Cacat


Nomor:
560

Inisiator:
Radio Komunitas Suara Kota 107,7 FM

Organisasi:
Radio Komunitas Suara Kota 107,7 FM

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Bandar Lampung

Dana:
200 Juta Rupiah

Topik hibah:
Pemantauan media

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Januari 2013

Deskripsi Proyek:
Hingga saat ini belum ada media yang mendedikasikan diri menyediakan informasi bagi penyandang tuna netra. Dan, hingga kini penyandang tuna netra seperti terasing dari masyarakat karena minimnya informasi yang mereka miliki. Dengan keberadaan radio komunitas (rakom) dan pemanfaatan TIK, penyandang tuna netra dapat mengawasi media agar lebih kebutuhan informasinya terpenuhi. Selain itu, penyandang tuna netra dapat mengkritisi kebijakan publik agar lebih ramah dan peduli terhadap penyandang tuna netra. Untuk itu, perlu dibangun kemampuan dan penguatan penyandang tuna netra dalam mempergunakan TIK untuk menerima dan menyebarluaskan informasi dalam bentuk TIK center di panti tunanetra. Selanjutnya penyandang tuna netra diberikan kesempatan terlibat mengelola informasi di rakom dalam program siaran yang didedikasikan untuk penyandang tuna netra dengan memanfaatkan TIK. Untuk menindaklanjuti kebutuhan informasi penyandang tuna netra, informasi diteruskan kepada Pemerintah dan Legislatif dalam bentuk konvergensi media. Dengan tersebarluaskannya informasi yang dikelola rakom dan penyandang tuna netra, diharapkanterbangun inisatif Pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik pro penyandang cacat.

Masalah yang ingin diatasi:
Mendorong peningkatan kapasitas penyandang tuna netra dalam mengelola informasi, mendorong peran penyandang tuna netra dalam meliterasi media dengan fokus kebijakan publik pro penyandang cacat, mendorong peningkatan kemampuan penyandang tuna netra dalam memanfaatkan TIK untuk pengelolaan informasi, mendorong tersebarluaskannya informasi yang dikelola, dan penyandang tuna netra kepada khalayak

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Mendampingi dan memperkuat kapasitas penyandang tuna netra dalam mengelola informasi dan meliterasi media, memproduksi informasi yang dapat dikonsumsi penyandang tuna netra, menyediakan sarana dan prasarana pusat TIK yang ramah, meyandang tuna netra untuk mengelola informasi, dan mengkonvergensikan dan menyebarluaskan informasi yang dikelola penyandang tuna netra kepada klayak.<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah penyandang tuna netra, radio komunitas, dan pemerintah serta legislatif Kota Bandar Lampung.

Ukuran kesuksesan:
Tersedianya rekam proses pengelolaan informasi literasi media yang dilakukan penyandang tuna netra, terbangun dan termanfaatkan pusat TIK bagi pengelolaan informasi yang dilakukan penyenadang tuna netra, tersedianya program siaran rakom sebagai saluran informasi bagi penyandang tuna netra yang terkonvergensi, tersebarluaskannya informasi yang dikelola rakom dan penyandang tuna netra kepada khalayak, dan terbangunnya inisiatif Pemerintah dan Legislatif Kota Bandar Lampung dalam menyusun kebijakan publik yang pro penyandang cacat.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas