Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

557 - Televisi Sehat untuk Memperbaiki Kualitas Hidup di 10 Desa Lereng Merapi


Nama Inisiator

Perhimpunan Sakala

Organisasi

Perhimpunan Sakala

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Proyek pembangunan masyarakat di 10 Desa lereng Merapi menjadi sadar media yang mampu memnuhi kebutuhannya akan media alternatif yang sehat, khususnya media audio visual (televisi), dan bisa menjadi model bagi komunitas dan masyaraka lain.

Masalah yang Diangkat

Masyarakat telah dijadikan korban oleh praktik yang dilakukan para pengelola stasiun televisi atas nama hiburan dan informasi. Sementara, masyarakat tidak memiliki posisi tawar yang cukup kuat atas praktik-praktik itu. Sehingga media televisi memiliki andil dalam memperburuk kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Solusi

Melakukan 3 tahapan: meningkatkan ‘media literacy / melek media” (kesadaran wacana) masyarakat, meningkatkan ‘media awareness / sadar media” (kesadaran kebutuhan) masyarakat, dan memproduksi media sendiri oleh masyarakat.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah komunitas Lajur Merapi dan masyarakat di 10 desa di Kawasan lereng Merapi.

Target

komunitas Lajur Merapi dan masyarakat di 10 desa di Kawasan lereng Merapi

Indikator Sukses

Masyarakat 10 desa lereng Merapi memiliki kelompok masyarakat sadar media dan Komunias Lajur Merapi mampu memproduksi kebutuhannya sendiri

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

1 Miliar Rupiah

Durasi Proyek

1 tahun