Anda berada di mode pratinjau.
| |

Media Alternatif Kaum Muda Deli Serdang Munuju Masyarakat Terbuka

541

541 - Media Alternatif Kaum Muda Deli Serdang Munuju Masyarakat Terbuka


Nomor:
541

Inisiator:
Deli Serdang Institute

Organisasi:
Deli Serdang Institute

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara

Dana:
125 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari – Juni 2012

Deskripsi Proyek:
Proyek ini adalah pengembangan dan penciptaan ruang-ruang media alternatif yang berbasis komunitas pelajar dan mahasiswa yang selama ini menjadi sel-sel temporer Deli Serdang Institute pada 2 perguruan tinggi dan 5 SMU di Kabupaten Deli Serdang. Ruang-ruang media alternatif dimaksudkan sebagai kekuatan penyeimbang melawan hegemoni media mainstream yang telah menciptakan dan merekayasa situasi sosial. Bentuk-bentuk media alternatif berupa penerbitan buletin, jurnal ruang kreatif secara berkala dan mandiri dengan isu-isu yang terkait dengan situasi politik lokal, lingkungan dan budaya di Kabupaten Deli Serdang.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Lemahnya kesadaran di tingkat pelajar dan mahasiswa di Deli Serdang untuk membangun media alternatif sebagai kekuatan penyeimbang melawan hegemoni media mainstream yang cenderung berpihak kepada kepentingan negara.<br /> 2. Keterbatasan akses, fasilitas dan skill dalam penggunaan beberapa alat yang bisa menjadi sarana penciptaan media alternatif bagi pelajar dan mahasiswa di Deli Serdang.<br /> 3. Kebutuhan akan terciptanya jejaring media alternatif yang berbasis pada pelajar dan mahasiswa di kabupaten Deli Serdang.<br /> 4. Tidak adanya media alternatif yang berbentuk jurnal, buletin, website yang dikelolah oleh pelajar dan mahasiswa di Deli Serdang.'

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Pengadaan fasilitas pokok berupa perangkat visual dan non visual yang berfungsi untuk memproduksi informasi di tiap-tiap komunitas ( 2 perguruan tinggi dan 5 SMU di Kabupaten Deli Serdang)<br /> 2. Pelatihan-pelatihan dasar jurnalistik dan manajemen organisasi secara teroganisir selama 3 bulan di 2 perguruan tinggi dan 5 SMU yang menjadi sel temporer Deli Serdang Institute.<br /> 3. Penguatan jaringan antar komunitas melalui kegiatan workshop dan penciptaan infrastruktur.<br /> 4. Pengelolaan secara kolektif media alternatif antar komunitas pelajar dan mahasiswa dengan hasil produksi berupa jurnal, buletin, majalah yang memuat isu-isu politik lokal, lingkungan dan budaya di Deli Serdang secara berkala dengan prinsip-prinsip yang lebih otonom.<br /> Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah pelajar dan mahasiswa yang berumur 17 – 24 tahun yang berlokasi pada 2 Perguruan Tinggi dan 5 Sekolah Menengah Umum di Kabupaten Deli Serdang.

Ukuran kesuksesan:
1. Lahirnya sikap dan pandangan kritis pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Deli Serdang.<br /> 2. Terlaksananya pelatihan dan workshop media alternatif di 2 Perguruan Tinggi dan 5 SMU yang menjadi target sasaran dengan keterlibatan struktur organisasi perguruan tinggi (BEM) dan SMU (OSIS).<br /> 3. Lahirnya komunitas media alternatif di 2 perguruan tinggi dan 5 SMU yang menjadi sasaran program ini dengan struktur organisasi yang rapi.<br /> 4. Penerbitan buletin, jurnal dan majalah secara berkala (2 bulan sekali) di tiap-tiap komunitas yang menjadi sasaran program ini.<br /> 5. Berjalannya proses kaderisasi dan rekruitmen untuk anggota komunitas.<br /> 6. Kemandirian finansial tiap-tiap komunitas.<br /> 7. Terciptanya jaringan antar komunitas media alternatif, artinya 2 komunitas di perguruan tinggi dan 5 komunitas di SMU yang menjadi sasaran berelasi dalam sebuah struktur jaringan organisasi. Menjadi pelopor dan percontohan yang bisa dipraktikkan di kabupaten lain.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas