Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

541 - Media Alternatif Kaum Muda Deli Serdang Munuju Masyarakat Terbuka


Nama Inisiator

Deli Serdang Institute

Organisasi

Deli Serdang Institute

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Proyek ini adalah pengembangan dan penciptaan ruang-ruang media alternatif yang berbasis komunitas pelajar dan mahasiswa yang selama ini menjadi sel-sel temporer Deli Serdang Institute pada 2 perguruan tinggi dan 5 SMU di Kabupaten Deli Serdang. Ruang-ruang media alternatif dimaksudkan sebagai kekuatan penyeimbang melawan hegemoni media mainstream yang telah menciptakan dan merekayasa situasi sosial. Bentuk-bentuk media alternatif berupa penerbitan buletin, jurnal ruang kreatif secara berkala dan mandiri dengan isu-isu yang terkait dengan situasi politik lokal, lingkungan dan budaya di Kabupaten Deli Serdang.

Masalah yang Diangkat

1. Lemahnya kesadaran di tingkat pelajar dan mahasiswa di Deli Serdang untuk membangun media alternatif sebagai kekuatan penyeimbang melawan hegemoni media mainstream yang cenderung berpihak kepada kepentingan negara.
2. Keterbatasan akses, fasilitas dan skill dalam penggunaan beberapa alat yang bisa menjadi sarana penciptaan media alternatif bagi pelajar dan mahasiswa di Deli Serdang.
3. Kebutuhan akan terciptanya jejaring media alternatif yang berbasis pada pelajar dan mahasiswa di kabupaten Deli Serdang.
4. Tidak adanya media alternatif yang berbentuk jurnal, buletin, website yang dikelolah oleh pelajar dan mahasiswa di Deli Serdang.'

Solusi

1. Pengadaan fasilitas pokok berupa perangkat visual dan non visual yang berfungsi untuk memproduksi informasi di tiap-tiap komunitas ( 2 perguruan tinggi dan 5 SMU di Kabupaten Deli Serdang)
2. Pelatihan-pelatihan dasar jurnalistik dan manajemen organisasi secara teroganisir selama 3 bulan di 2 perguruan tinggi dan 5 SMU yang menjadi sel temporer Deli Serdang Institute.
3. Penguatan jaringan antar komunitas melalui kegiatan workshop dan penciptaan infrastruktur.
4. Pengelolaan secara kolektif media alternatif antar komunitas pelajar dan mahasiswa dengan hasil produksi berupa jurnal, buletin, majalah yang memuat isu-isu politik lokal, lingkungan dan budaya di Deli Serdang secara berkala dengan prinsip-prinsip yang lebih otonom.
Pihak yang menerima manfaat dari proyek ini adalah pelajar dan mahasiswa yang berumur 17 – 24 tahun yang berlokasi pada 2 Perguruan Tinggi dan 5 Sekolah Menengah Umum di Kabupaten Deli Serdang.

Target

pelajar dan mahasiswa yang berumur 17 – 24 tahun yang berlokasi pada 2 Perguruan Tinggi dan 5 Sekolah Menengah Umum di Kabupaten Deli Serdang.

Indikator Sukses

1. Lahirnya sikap dan pandangan kritis pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Deli Serdang.
2. Terlaksananya pelatihan dan workshop media alternatif di 2 Perguruan Tinggi dan 5 SMU yang menjadi target sasaran dengan keterlibatan struktur organisasi perguruan tinggi (BEM) dan SMU (OSIS).
3. Lahirnya komunitas media alternatif di 2 perguruan tinggi dan 5 SMU yang menjadi sasaran program ini dengan struktur organisasi yang rapi.
4. Penerbitan buletin, jurnal dan majalah secara berkala (2 bulan sekali) di tiap-tiap komunitas yang menjadi sasaran program ini.
5. Berjalannya proses kaderisasi dan rekruitmen untuk anggota komunitas.
6. Kemandirian finansial tiap-tiap komunitas.
7. Terciptanya jaringan antar komunitas media alternatif, artinya 2 komunitas di perguruan tinggi dan 5 komunitas di SMU yang menjadi sasaran berelasi dalam sebuah struktur jaringan organisasi. Menjadi pelopor dan percontohan yang bisa dipraktikkan di kabupaten lain.

Lokasi

Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara

Dana yang Dibutuhkan

125 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari – Juni 2012