Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

537 - Arti Keberpihakan


Nama Inisiator

Sokola

Organisasi

Sokola

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Proyek ini berusaha untuk memberikan gambaran riil tentang kehidupan komunitas-komunitas indigenous atau marginal secara umum dan geliat kehidupannya dari kaca mata mereka sendiri dan bagaimana mereka ingin dibaca oleh masyarakat luas di luarnya.

Masalah yang Diangkat

Selama ini kehidupan masyarakat marginal (diantaranya masyarakat adat) terintimidasi oleh pandangan-pandangan mainstream yang memagari kehidupan disekitarnya. Secara tidak langsung pandangan-pandangan mainstream ini tidak hanya mendriskriminasikan mereka namun juga menjadi penghalang kemajuan nyata yang diharapkan atau yang tengah diusahakan seperti usaha pendidikan yang kami lakukan.

Solusi

Mendampingi dan memfasilitasi, melalui workshop dan penghimpunan-penyusunan materi, komunitas dampingan memproyeksikan dirinya dengan cara pandangnya melihat keadaan dan kejadian disekitarnya dalam berbagai bentuk media, mulai dari media text (buku, photo, video, pentas teater, musik, lukis dan karya seni lain).
Penerima manfaat langsung di Makassar: 2000 org, Kajang: 1600 org, Jambi:3000 org, Flores: 200 org; yang semuanya terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Jumlah penerima manfaat tidak langsung: publik luas yang skalanya nasional.

Target

Penerima manfaat langsung di Makassar - 2000org, Kajang - 1600org, Jambi - 3000org, Flores - 200org; yang semuanya terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Jumlah penerima manfaat tidak langsung - publik luas yang skalanya nasional.

Indikator Sukses

Perubahan cara pandang yang kemudian dapat mendorong perubahan sikap masyarakat mainstream disekitar masyarakat marjinal tersebut. Sehingga sikap yang mendiskreditkan atau mendiskriminasi berubah menjadi dukugan yang positif dan lebih mendorong.

Lokasi

Indonesia

Dana yang Dibutuhkan

480 Juta Rupiah

Durasi Proyek

1 tahun 2011-2012