Anda berada di mode pratinjau.
| | |

INDEPENDEN Online – Etika Media Baru

532

532 - INDEPENDEN Online – Etika Media Baru


Nomor:
532

Inisiator:
Kumpulan Jurnalis Independen

Organisasi:
Kumpulan Jurnalis Independen

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
DKI Jakarta

Dana:
1,5 Miliar Rupiah

Topik hibah:
Kebebasan dan etika bermedia

Masa Aktivitas:
November 2011 – November 2012

Deskripsi Proyek:
Ini merupakan proyek penerbitan media online INDEPENDEN yang dulu berbentuk majalah dan terbit -underground- pada zaman Orde Baru. Majalah ini sempat vakum selama beberapa tahun. INDEPENDEN Online akan dihidupkan lagi dalam format baru, sebagai media kampanye kebebasan pers dan pemantau etika jurnalisme. Konten media ini meliputi liputan mendalam (in-depth) tema kebebasan media dan pelanggaran etika jurnalistik dalam era media baru. Media ini dirancang dengan konsep mingguan online dilengkapi ulasan pakar dan praktisi media dalam dan luar negeri. INDEPENDEN Online akan mengulas berbagai perkembangan media baru yang melahirkan masalah baru seperti penggunaan media sosial sebagai sumber berita, dikorbankannya akurasi demi kecepatan, pelanggaran hak cipta seperti pengambilan gambar, pengutipan, dan plagiarisme oleh media online. Media INDEPENDEN juga didesain dalam aplikasi-mobile dan memiliki fitur interaktif.

Masalah yang ingin diatasi:
Hadirnya media baru (new media) memunculkan dua masalah yakni kebebasan dan pelanggaran etika jurnalistik. Persaingan antar media (pers) hanya soal adu kecepatan tapi cenderung mengabaikan akurasi dan kedalaman masalah. Sayangnya para pengelola media tidak menganggap itu sebagai masalah serius. Sehingga diperlukan media khusus untuk mendorong wacana dan diskusi diantara praktisi media baru ke arah perbaikan dan peningkatan kualitas jurnalisme.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Menerbitkan sebuah media yang secara khusus mengulas berbagai pelanggaran etika dalam genre jurnalisme baru. Media ini akan membuka ruang diskusi, mengkampanyekan, dan menjawab berbagai problem etika yang muncul. Liputan media online dikombinasikan dengan kegiatan diskusi off-line secara periodik dan membahas tema-tema yang aktual dengan melibatkan para jurnalis, praktisi media, dan pakar.<br /> Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah para jurnalis yang bekerja di berbagai media baru sekitar 10,000 di seluruh Indonesia. Juga masyarakat luas yang mengkonsumsi berbagai media.

Ukuran kesuksesan:
Media ini dikunjungi oleh minimal 5000 unique visitor per hari, dan masuk dalam ranking 1000 besar website nasional di alexa.com, posisi dalam mesin pencari google berada di ranking pertama jika memakai keyword “etika media baru”, facebook fans page disukai oleh 20,000, twitter difollow oleh 10,000.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas