Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

531 - Inter Nos Media Komunikasi Umat


Nama Inisiator

Inter nos

Organisasi

Inter nos

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Keberadaan keluarga muda Katolik di Paroki Mater Dei Madiun merupakan suatu potensi, demi keberlangsungan dan perkembangan gereja. Oleh karena itu perlu dicari upaya cerdas agar potensi yang ada ini tergarap dengan baik, sehingga menjadi umat yang sungguh-sungguh berdayaguna dalam kelompok basis, lokal, dan regional. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah membangun dan menghidupkan komunikasi timbal balik melalui media komunikasi paroki interaktif: ‘Inter Nos’ (Latin: di antara kita)

Masalah yang Diangkat

Pelayanan pastoral kategorial umat belum dilaksanakan secara optimal, keterbatasan sarana-prasarana pewartaan, bentuk komunikasi dan pewartaan selama ini lebih bersifat satu arah, bukan dialogis-interaktif, belum tersedianya infrastruktur jaringan internet dengan stasi (wilayah yang jauh dari jangkauan informasi internet) di Paroki Mater Dei, dan belum tersedianya media komunikasi interaktif paroki yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk bertegur sapa di antara semua unsur yang ada dalam paroki ini.

Solusi

Dengan mengoptimalkan pelayanan pastoral kategorial umat secara keseluruhan, menyediakan sarana pewartaan yang mudah dijangkau, menjembatani kebutuhan komunikasi dialogis di antara berbagai unsur yang hidup dan tumbuh di seluruh wilayah paroki, menyediakan media komunikasi mingguan sebagai bentuk partisipasi dan interaksi umat, dan membangun infrastruktur jaringan internet dan pelatihan internet di stasi (wilayah yg belum terjangkau Internet)
Model, metode, dan materi yang dilaksanakan dan direncanakan adalah dengan:
1. Menerbitkan media komunikasi mingguan yang berisi, antara lain:
a. Tentang pewartaan akan iman, harapan dan cinta.
b. Warta kegiatan umat dalam menggereja dan bermasyarakat.
c. Warta kegiatan pelayanan kategorial.
d. Pariwara sebagai bentuk pengenalan kegiatan bernilai ekonomis.
2. Menyelenggarakan pelatihan jurnalisme bagi kawula muda.
3. Menyelenggarakan saresehan rutin dengan tokoh-tokoh umat dari berbagi usia.
4. Menyelenggarakan sarasehan tentang teknologi informasi bagi kawula muda dan. tokoh-tokoh masyarakat.
5. Membangun infrastruktur jaringan internet di stasi khususnya didaerah terpencil di wilayah paroki Mater Dei.

Target

Model- metode dan materi yang dilaksanakan dan direncanakan adalah dengan: 1. Menerbitkan media komunikasi mingguan yang berisi, antara lain: a. Tentang pewartaan akan iman, harapan dan cinta. b. Warta kegiatan umat dalam menggereja dan bermasyarakat. c. Warta kegiatan pelayanan kategorial. d. Pariwara sebagai bentuk pengenalan kegiatan bernilai ekonomis. 2. Menyelenggarakan pelatihan jurnalisme bagi kawula muda. 3. Menyelenggarakan saresehan rutin dengan tokoh-tokoh umat dari berbagi usia. 4. Menyelenggarakan sarasehan tentang teknologi informasi bagi kawula muda dan. tokoh-tokoh masyarakat. 5. Membangun infrastruktur jaringan internet di stasi khususnya didaerah terpencil di wilayah paroki Mater Dei.

Indikator Sukses

Optimalisasi pelayanan pastoral kategorial umat secara keseluruhan di wilayah paroki Mater Dei Madiun, tersedianya sarana pewartaan berupa media cetak dan website, terbentuknya komunikasi dialogis di antara berbagai unsur yang hidup dan tumbuh di seluruh wilayah paroki, tersedianya media komunikasi mingguan sebagai bentuk partisipasi dan interaksi umat, dan semakin banyak anak muda yang tertarik dan terlibat dalam pengelolaan media komunikasi, serta tersedianya akses internet gratis di setiap stasi (daerah yang jauh dari perkotaan) di wilayah Paroki Mater Dei Madiun.

Lokasi

Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

350 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 – Desember 2013 (24 bulan)