Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

519 - Serial Animasi “Wayang Mahabharata” Season 1


Nama Inisiator

Wlabs (Tim Animasi)

Organisasi

Wlabs (Tim Animasi)

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Proyek pembuatan serial animasi pewayangan dengan kemasan modern (bergaya kartun retro) tapi dengan tetap mempertahankan style khas Pewayangan Indonesia terutama dari segi wanda wayang (bentuk, aksesoris) dan pemodifikasian cerita. Target Audiens untuk semua umur dengan Genre Action Comedy. Cerita yang diangkat adalah Mahabharata. Proyek yang akan digarap sementara adalah Season1 berjumlah 12 episode masing-masing berdurasi 21menit. Media Penayangan utamanya adalah Televisi. Sebagai Prototype(contoh produk)-nya, kami telah membuat Pilot episode dari serial “Wayang Mahabharata” ini, berdurasi ±21menit, Video dapat dilihat dihalaman facebook kami www.facebook.com/wlabbers atau di blog kami wlabsstudio.blogspot.com

Masalah yang Diangkat

Pengetahuan generasi muda saat ini akan budaya lokal Indonesia sendiri (terutama budaya tradisional) dirasa masih minim dibandingkan dengan budaya modern yang muncul akibat arus globalisasi. Padahal sebenarnya pengetahuan akan budaya sendiri justru bisa mendatangkan peluang bisnis baru dan tentunya unik di pasar internasional jika kita bisa mengolahnya lebih kreatif. Wayang merupakan salah satu contoh budaya yang kami ambil, meskipun sudah dipatenkan oleh UNESCO sejak tahun 2003 lalu, namun sebagian besar masyarakat masih mengenal wayang dari luarnya saja. Masih sedikit yang tahu tentang tokoh dan cerita pewayangan Indonesia. Sehingga yang diperlukan saat ini adalah sebuah media pelestarian wayang yang selain bisa menyasar langsung ke masyarakat luas tetapi juga bisa disajikan menarik layaknya sebuah hiburan sehingga materi budaya lebih mudah terserap ke masyarakat terutama ke generasi muda yang jumlahnya lebih dominan. Tak hanya itu media ini juga tetap harus mempunyai nilai bisnis, sehingga nantinya pihak yang terlibat didalamnya tetap bersemangat melakukan pengembangan. Diharapkan media ini nantinya bisa diaplikasikan atau menjadi inspirasi pengembangan media untuk pelestarian budaya Indonesia yang lain yang tentunya sangat beragam.

Solusi

Serial Animasi Televisi sampai saat ini masih menjadi program TV yang cukup digemari masyarakat khususnya kaum muda & keluarga. Karena ditayangkan di TV (media yang hampir sebagian besar keluarga Indonesia mempunyainya), tentu saja akan berpeluang menyasar ke masyarakat luas (bisa juga sampai ke pasar internasional seperti Animasi Upin Ipin) . Selain itu, animasi juga mempunyai kelebihan mudah diturunkan ke media lain seperti mainan, buku komik, games, DVD/VCD dan berbagai merchandise lain sehingga selain cocok sekali sebagai media untuk pelestarian budaya juga bisa dijadikan lahan bisnis. Transformasi pertunjukan Wayang ke dalam bentuk Serial Animasi akan mempunyai peluang besar membuat generasi muda berminat melirik dan mengembangkan kembali salah satu budaya tradisional kita ini. Kami berencana membuat proyek serial animasi pewayangan berjudul “Wayang Mahabharata”. Serial ini selain sarat unsur entertain (bergenre action comedy) juga sarat unsur edukatif dengan pengaplikasian wanda wayang yang sederhana sehingga mudah dipelajari. Proyek animasi ini sekaligus juga ikut serta memajukan perkembangan animasi di Indonesia, jika sukses tentu saja akan memberikan nilai bangga tersendiri dan menumbuhkan rasa percaya diri pada generasi muda akan Bangsa Indonesia.
Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah selain masyarakat (lewat animasi yang menghibur & mendidik), kami, dan pihak pertelevisian, proyek ini akan menguntungkan pihak-pihak yang telah atau akan mengembangkan media tentang wayang, karena setelah melihat animasi ini, masyarakat luas diharapkan bisa lebih mudah mengikuti dan berpikir kritis terhadap cerita pewayangan versi lain sehingga penjualan produk lewat media lain seperti pagelaran wayang, buku, novel, komik, dsb kemungkinan bisa lebih meningkat. Jika sukses di pasar tentu bisa memberikan rasa bangga terhadap tanah air. Bisa juga menjadi inspirasi bagi pemerintah, seniman/budayawan, dan masyarakat untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang lain, lewat media serupa atau media lain yang lebih kreatif lagi.

Target

selain masyarakat (lewat animasi yang menghibur & mendidik), kami, dan pihak pertelevisian, proyek ini akan menguntungkan pihak-pihak yang telah atau akan mengembangkan media tentang wayang, karena setelah melihat animasi ini, masyarakat luas diharapkan bisa lebih mudah mengikuti dan berpikir kritis terhadap cerita pewayangan versi lain sehingga penjualan produk lewat media lain seperti pagelaran wayang, buku, novel, komik, dsb kemungkinan bisa lebih meningkat. Jika sukses di pasar tentu bisa memberikan rasa bangga terhadap tanah air. Bisa juga menjadi inspirasi bagi pemerintah, seniman/budayawan, dan masyarakat untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang lain, lewat media serupa atau media lain yang lebih kreatif lagi.

Indikator Sukses

Secara kuantitas bisa diukur dengan rating penonton TV. Atau Jika setelah beberapa kali penayangan serial animasi ini di televisi, masyarakat cukup akrab dengan karakter-karakter wayang yang dimainkan dalam animasi ini seperti punakawan, para buta, bisma, pandawa dan kurawa, dari mengenali tingkah lakunya, cerita serinya hingga nama-nama tokohnya. Bisa juga dari meningkatnya tingkat pengetahuan, pengembangan media dan penjualan produk-produk masyarakat mengenai pewayangan.

Lokasi

Surabaya, Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

700 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Oktober 2011-Desember 2012 (15 Bulan)