Anda berada di mode pratinjau.
| |

SMS ‘Perempuan Muda Berbagi Berani’ (disingkat SMS Berani)

517

517 - SMS ‘Perempuan Muda Berbagi Berani’ (disingkat SMS Berani)


Nomor:
517

Inisiator:
Mutiara Ika Pratiwi

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Tebet Timur, Jakarta Selatan

Dana:
68 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Desember 2011 – Agustus 2012 (enam bulan)

Deskripsi Proyek:
Proyek ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan pengalaman keberanian setiap perempuan muda, dalam membela hak-hak perempuan, untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Pengalaman setiap mahasiswi tentang saat-saat berani mendobrak keraguan, yang lalu setelahnya merasakan kebanggaan karena berani menegakkan haknya sebagai perempuan setara. Namun untuk pengalaman-pengalaman berani membela hak perempuan ini tidak banyak terkabarkan, bahkan ketika para mahasiswi memiliki handphone dan media jejaring sosial. Proyek ini ingin mendorong seluruh keberanian itu terkabarkan dan tertularkan, melalui jaringan short mesagge service (SMS), yang didukung oleh penggunaan facebook dan twitter, kemudian dikumpulkan sebagai buku. Pada proyek ini, setiap hari mahasiswi berhak mengirimkan SMS Berani tentang kisah singkat keberanian membela hak perempuan, tiap SMS dipublikasikan kepada jaringan melalui SMS, facebook dan twitter, kemudian tiap minggu jaringan memilih lima (5) SMS Berani favorit. SMS Berani favorit berhak mendapat hadiah (memilih sendiri hadiah, buku atau pulsa). Proyek ini sekaligus membangun jaringan perempuan muda yang berani, melalui pendaftaran terbuka via SMS, Facebook dan Twitter.

Masalah yang ingin diatasi:
Besarnya hambatan perempuan untuk maju dan bebas dari diskriminasi, bahkan terjadi terhadap perempuan yang masuk perguruan tinggi. Sebagai mahasiswi banyak yang masih tertekan dan tidak bebas mengekspresikan hak sebagai perempuan, bahkan kadang menjadi korban kekerasan seksual, pelecehan atau penghinaan dari orang terdekat. Padahal para mahasiswi adalah bagian dari ukuran kemajuan perempuan, minimal dari akses pendidikan. Walau demikian selalu ada momentum bagi banyak perempuan muda yang berkuliah ini, dimana bermakna ekspresi keberanian menegakkan hak perempuan. Saat penting keberanian tersebut dialami dalam beragam ruang dan waktu, yang jika dikenang akan memberi rasa bangga, bahkan bagi perempuan lain. Hanya saja kenangan keberanian semacam ini belum banyak menghiasi media jejaring sosial. Padahal kemudahan alat komunikasi saat ini adalah sarana menentukan untuk penyebarluasan perjuangan perempuan dari pengalaman sehari-hari. Di satu sisi, ketika penyebarluasan keberanian ini tidak dilakukan, juga bisa mengurangi pembelaan bagi setiap perempuan pejuang tersebut, dimana selalu ada resiko atas setiap keberanian yang dinyatakan.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Kampanye tentang pengalaman keberanian membela kesetaran, dari pengalaman setiap perempuan muda, penting disebarluaskan. Penyebarluasan dari cara paling mudah bagi siapapun perempuan pelaku yang pemberani, atau dari saksi langsung sebuah keberanian mahasiswi, yaitu melalui short message service (SMS), untuk disebarluaskan lagi dengan SMS massal, ditambah dengan publikasi jejaring sosial Facebook dan Twitter, dan akhirnya penerbitan buku untuk SMS kisah berani paling inspiratif. Proyek ini dimulai dengan publikasi luas di kalangan kampus dengan poster dan flyer, juga melalui facebook dan twitter. Seluruh nomor handphone yang sudah masuk sebagai jaringan, berhak mendapatkan contoh SMS Berani. Contoh SMS Berani akan dibuat dari cuplikan pengalaman hidup tokoh perempuan (diambil dari dokumen yang sudah dipublikasikan), atau pengalaman aktivis pembela perempuan saat ini (diminta langsung kepada yang bersangkutan).<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah setiap mahasiswi di Jabodetabek dari inspirasi yang diterima.

Ukuran kesuksesan:
Adanya pengiriman SMS kisah dari para mahasiswi, perluasan jaringan Perempuan Berani yang tergabung melalui nomor HP, Facebook dan Twitter, serta adanya SMS Berani favorit yang terpublikasikan dengan poster di 10 kampus di Jabodetabek

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas