Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

511 - Garut On The Spot


Nama Inisiator

Yayan Cahyana

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

“Pengin bertemu Bupati saja susah, apalagi berbicara dengan beliau”
Itulah kutipan kalimat dari seorang rakyat biasa yang menginspirasikan ide proyek ini, suasana “wong cilik” yang merindukan untuk bertemu pemimpinnya, juga menggambarkan betapa sulitnya birokrasi yang harus ia tempuh. Menerima informasi secara langsung merupakan kebutuhan masyarakat di era transparansi dewasa ini. Dalam proyek ini dikembangkan komunikasi langsung lintas batas (tele-conference) menggunakan webcam dan display, sehingga masyarakat desa bisa bertatap muka langsung dengan pemimpinnya, tanpa harus meninggalkan desanya. Program ini pun bisa diakses melalui Telepon Genggam (Handphone), sehingga masyarakat cukup mengaktifkan internet di HP-nya. Semua menjadi mudah dan cepat, tanpa harus melalui birokrasi yang terkadang menyulitkan. Menerima informasi dari pemimpinnya langsung dan dapat menyampaikan aspirasi secara langsung adalah harapan masyarakat.
Kabupaten Garut dilihat dari faktor geografis, yaitu pegunungan. Masyarakat Sangat susah untuk mengakses informasi pemerintah untuk publik. Apalagi di daerah Garut selatan, yang sulit dijangkau melalui transportasi darat. Ditambah kondisi ekonomi masyarakat yang notabene adalah menengah ke bawah, umumnya mereka lebih tertarik informasi melalui visual, seperti televisi. Tak jarang mereka paham situasi nasional, tapi tidak peka situasi di daerahnya sendiri.

Masalah yang Diangkat

Menjembatani kesejangan komunikasi masyarakat dengan pemimpinnya, menjadi solusi bagi wilayah dengan kondisi geografis pegunungan untuk mengakses informasi dengan cepat, memangkas rantai birokrasi, dan memperoleh validitas informasi, karena berasal sumber pertama, serta meningkatkan transparansi, dan kemajuan dalam akses informasi di masyarakat

Solusi

Dengan memasang webcam dan display di setiap kecamatan di Kabupaten Garut, di Kantor Bupati, dan Kantor DPRD Garut. Tak hanya itu, dipasang pula pemancar (tower) di daerah tertentu untuk memudahkan jaringan internet sehingga tele-conference bisa diakses melalui internet dan warga Limbangan yang ada di luar daerah, bisa berpartisipasi secara langsung. Program ini pun bisa diakses lewat telepon genggam (handphone) dengan mengaktifkan internet dan masuk pada situs yang sudah kami fasilitasi. Jadi, Masyarakat bisa berkomunikasi dengan Bupati atau DPRD Garut kapanpun, begitupula sebaliknya, Pemerintah bisa sosialisasikan kebijakan kapanpun. Hemat biaya dan efisien.
Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat Kabupaten Garut, Pemerintah Kabupaten, dan DPRD Garut.

Target

masyarakat Kabupaten Garut, Pemerintah Kabupaten, dan DPRD Garut; Menyerap aspirasi konstituennya.

Indikator Sukses

Berdasarkan sosialisasi pada masyarakat tentang program ini, simulasi dengan mengikutsertakan warga dan pimpinan daerah, dan tindakan terakhir adalah Penelitian dengan mengambil Random secara acak, bila hasilnya > 50% responden mengetahui program ini, berarti ini bisa dikategorikan berhasil/sukses

Lokasi

Garut, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

531 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Desember 2011 – November 2012 (12 Bulan)