Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

495 - www.omahkendeng.org


Nama Inisiator

Desantara Foundation

Organisasi

Desantara Foundation

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Proyek media online omahkendeng.org dihadirkan untuk mengembangkan dan mendukung upaya-upaya pengorganisasian masyarakat, advokasi serta penguatan jaringan yang selama ini telah dilakukan oleh komunitas masyarakat di Kabupaten Pati dalam pengelolaan dan pelestarian Pegunungan Kendeng. Dukungan tersebut terutama dalam bentuk pendistribusian isu-isu lokal ke publik, sehingga diharapkan warga sekitar pegunungan semakin percaya diri dan kohesi sosialnya menguat, gagasan masyarakat tentang pengelolaan Pegunungan Kendeng diketahui dan dipertimbangkan oleh pembuat kebijakan publik, dan dukungan publik terhadap pengelolaan Pegunungan Kendeng secara lestari semakin meluas

Masalah yang Diangkat

Dengan proyek ini komunitas mempunyai kemampuan mendokumentasikan, menganalisis, memproduksi dan mendistribusikan informasi atau gagasan terkait potensi dan masalah yang dipunyai komunitas serta upaya-upaya penyelesaiannya, melalui media online. Apalagi Pegunungan Kendeng sekarang dalam ancaman eksploitasi penambangan semen yang dikhawatirkan akan merusak kawasan karst kategori satu (yang dilindungi). Sehingga proyek ini diharapkan bisa menyumbang bagi penguatan pengorganisasian masyarakat, advokasi dan jaringan.

Solusi

Melalui pelatihan dasar riset partisipatif tentang kondisi wilayah, masalah yang dihadapi, dan potensi sumberdaya alam dan manusia yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah tersebut . Selain itu juga dengan pelatihan jurnalistik (penulisan dan fotografi) serta pembuatan film pendek dengan menggunakan media mobile phone/hand phone. Dengan kemampuan yang dimiliki setelah mengikuti beberapa pelatihan tersebut, peserta kemudian memproduksi dan mendistribusikan informasi, gagasan, serta upaya penyelesaian masalah yang dilakukan oleh masyarakat dalam pengelolaan dan pelestarian kawasan Pegunungan Kendeng melalui situs www.omahkendeng.org dan media sosial (facebook, twitter).
Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah anak-anak muda dengan usia 17-25 tahun di 3 kecamatan (Sukolilo, Tambakromo, Kayen) di kawasan Pegunungan Kendeng, Pati, sehingga mereka mendapat keuntungan langsung dari kegiatan ini. Kemudian juga masyarakat yang selama ini kehidupannya tergantung dari pengelolaan dan kelestarian kawasan Pegunungan Kendeng, seperti petani, juga diutungkan dari proyek ini. Selain itu tentu saja masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang kawasan Pegunungan Kendeng.

Target

anak-anak muda dengan usia 17-25 tahun di 3 kecamatan (Sukolilo, Tambakromo, Kayen) di kawasan Pegunungan Kendeng, Pati, sehingga mereka mendapat keuntungan langsung dari kegiatan ini. Kemudian juga masyarakat yang selama ini kehidupannya tergantung dari pengelolaan dan kelestarian kawasan Pegunungan Kendeng, seperti petani, juga diutungkan dari proyek ini. Selain itu tentu saja masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang kawasan Pegunungan Kendeng.

Indikator Sukses

Peningkatan kapasitas peserta pelatihan dalam hal riset, fotografi dan penulisan dan pembuatan film pendek, jumlah pengunjung situs dan media sosial yang tinggi, partisipasi pengunjung situs dan media sosial, frekuensi atau kuantitas konten yang di upload di situs sesuai jadwal, dan kualitas konten memenuhi dasar-dasar jurnalistik

Lokasi

Jakarta Timur

Dana yang Dibutuhkan

127 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari-Juni 2012