Anda berada di mode pratinjau.
| |

Dokumentasi Bahasa dan Budaya

486

486 - Dokumentasi Bahasa dan Budaya


Nomor:
486

Inisiator:
Lingua Internacional

Organisasi:
Lingua Internacional

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Jakarta

Dana:
270 Juta Rupiah

Topik hibah:
Kebebasan dan etika bermedia

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Agustus 2012

Deskripsi Proyek:
Program ini bertujuan mengkampanyekan hasil riset dari bahasa dan budaya tersebut. Riset yang memberikan dokumentasi secara visual. Film dokumentasi budaya ini akan selalu dipersiapkan materi dari riset sederhana setiap bulannya. Sebagai contoh, kebiasaan masyarakat Jakarta menggunakan imbuhan deh pada setiap pembicaraan, materi akan di dokumentasikan berdasarkan riset, bagaimana awalnya penggunaan imbuhan deh itu muncul, berdasarkan budaya betawi, atau komunitas lokal. Pembuatan film dokumentasi berdurasi pendek 2-25 menit, atau > dari 30′. Pembuatan film akan mengajak teman-teman komunitas yang haus akan pengetahuan pembuatan film, dari pra produksi, hingga post produksi. Penayangan film pun dilakukan di tempat-tempat komunitas berkumpul seperti di perpustakaan Diknas, Atamerica, Goethe Institute, Erasmus Huis dll.

Masalah yang ingin diatasi:
Kegiatan menarik yang melibatkan teman-teman komunitas yang haus akan pengetahuan namun tidak tahu harus mendapatkannya dimana, ataupun kurang kesempatan untuk mengalami ataupun terjuna dalam bidang tersebut. Disisi lain, kesediaan kami memberikan mereka pengetahuan pun terkadang terbatas dengan waktu, atau tenaga kerja yang juga harus bekerja untuk membagi ilmu dan waktu bagi mereka

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Selama ini kami melakukan subsidi silang waktu dengan memberikan pembelajaran dan kesempatan kepada mereka pada setiap akhir minggu. Setiap akhir minggu dijadwalkan bagi mereka untuk mendapat sharing ilmu yang berkenaan dan melakukan workshop sederhana bersama dengan mereka.<br /> Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah teman-teman mahasiswa dari usia 19-25 dan teman-teman pekerja kreatif 23-30 tahun ke atas.

Ukuran kesuksesan:
1. (Januari- Juli 2011) Penayangan film dokumenter pendek bahasa dan budaya setiap bulannya<br /> 2. (Agustus 2011)Penerbitan buku ‘Bahasa Indonesia for International Learners, Intermediate Level”<br /> 3. (Oktober 2011 – Produksi) Left or Right, wrong or right? (Film dokumenter mengenai budaya penggunaan tangan kanan bagi budaya Indonesia, dan larangan penggunaan tangan kiri). Durasi 1,5 jam.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas