Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

478 - SocInf1.0: Pengentasan Anak Jalanan melalui Kegiatan Kreatifitas berbasis Konten


Nama Inisiator

Intelligent Technology Initaitives

Organisasi

Intelligent Technology Initaitives

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Memberikan edukasi melalui pelatihan, pertemanan produktif di perempatan/pendampingan(tempat anak jalanan) untuk menggunakan TI secara produktif untuk mengentaskan mereka dari jalanan.

Masalah yang Diangkat

Anak jalanan sering terlihat menggunakan HP untuk komunikasi, akses internet dan lainnya, Tidak jarang uang yang didapat habis untuk beli pulsa. Ada problem pola pikir di kalangan anak jalanan tentang “profesi” mereka, bukan segera untuk mandiri tetapi terkedan nyaman dengan kondisi saat ini.

Solusi

Kami melakukan pendekatan personel untuk mendapatkan kepercayaan mereka sebagai teman, mengadakan obrolan ringan di perempatan jalan, dan memasukkan unsur-unsur edukasi bagi mereka. Fokusnya adalah menyadarkan dan meluruskan pola pikir untuk tidak jadi anak jalanan lagi, mengenalkan pemanfaatan HP yang lebih produktif, memberi skill aplikatif yang memunculkan kreatifitas (design grafis, musik, pembuatan game, dan lainnya). Berikutnya, kami menyediakan tempat untuk menampung kreatifitas yang muncul dalam studio berbasis open source untuk kemudian menjadi penghidupan mereka.
Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah anak jalanan, pemerintah, dan masyarakat bisa berpartisipasi dengan menyumpang PC bekas layak pakai, materi, tenaga pendampingan dan support dalam bentuk lain.

Target

1. anak jalanan itu sendiri, minimal berubah pola pikir untuk tidak lagi menjadi anak jalanan, menemukan kreatifitas yang dipunyai untuk disalurkan menjadi profesi. 2. pemerintah tentu akan merasakan dampaknya dengan semakin berkurangnya problem sosial yang dimunculkan oleh anak jalanan 3. masyarakat bisa berpartisipasi dengan menyumpang PC bekas layak pakai, materi, tenaga pendampingan dan support dalam bentuk lain.

Indikator Sukses

Tahap 1: 6 bulan pertama
– jumlah komunitas anak jalanan yang berhasil dimasuki dan bisa membuat komunitas obrolan
– jumlah anak jalanan yang konsisten mengikuti komunitas orbolan tsb
Tahap 2: 6 bulan kedua
– jumlah anak jalanan yang menjadi percontohan bagi yang lainnya, ditargetkan ada 25 anak jalanan yang sudah berproduksi
– 10 produk unggulan yang dapat dipamerkan dan ditawarkan ke pihak lain

Lokasi

Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

385 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari – Desember 2012