Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

475 - e-Portfolio Siswa Indonesia


Nama Inisiator

Hugo Indratno

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Ide e-portfolio adalah sebuah jembatan yang dapat menunjukkan perkembangan peserta didik secara utuh. e-Portfolio bisa berupa hasil rekam dari pencapaian siswa secara personal ataupun secara publik melalui penyediaan server atau website.

Masalah yang Diangkat

Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran telah banyak dibuat. Ketika satu pembelajaran dalam tahun akademik berakhir, yang tertinggal hanyalah nilai-nilai dalam raport. e-Portfolio memberikan satu solusi “jejak-rekam” dari pembelajaran siswa yang dapat diakses kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun.

Solusi

Perlu adanya pelatihan bagi para guru dan kepala sekolah tentang perlunya “jejak-rekam” dari pencapaian siswa. Langkah awal adalah memberikan penyegaran terhadap makna pembelajaran dan pencapaian bagi para guru dan kepala sekolah. Langkah berikutnya adalah memberikan fasilitas e-portfolio kepada sekolah yang akan dipergunakan oleh para siswa dengan bimbingan guru.
Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah SD negeri mauapun swasta dalam pilot proyek di Jakarta Barat

Target

"Target Grup: SD Negeri mauapun Swasta dalam pilot proyek.
Lokasi: Jakarta Barat"

Indikator Sukses

Diberlakukannya e-Portfolio di kelas 4,5 dan 6 di sekolah percontohan atau terpilih dan adanya website e-Portfolio di sekolah percontohan atau terpilih.

Lokasi

Banten

Dana yang Dibutuhkan

500 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Juli – September 2012 (3 bulan)