Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

471 - BISA 2012 + (Blog Internet Santri Award 2012 PLUS)


Nama Inisiator

M2NET Al Hikmah

Organisasi

M2NET Al Hikmah

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

BISA 2012 + , akronim dari Blog Internet Santri Award 2012 PLUS. Merupakan kelanjutan BISA 2010 yang kala itu bekerjasama dengan Internet Sehat dalam promosi dan hadiah sandal. Setelah sempat vakum karena banyak kendala teknis dan nonteknis, tahun depan akan kembali hadir, mencoba mengulang kesuksesan 2010 yang berhasil mencetak hampir 1000 blogger santri (bisa dilihat di http://malhikdua.com) dan berkembangnya jurnalistik siswa di sekolah yang lokal, berani, dan orisinil (bisa dilihat hasilnya di http://malhikdua.sch.id dan http://alhikmahdua.net).
Berbeda dengan sebelumnya, BISA 2012 dilabeli PLUS karena akan melebarkan manfaat ke warga sekitar dan berusaha mempersatukan pesantren-pesantren di desa Benda dalam sebuah wadah yang tak hanya blog, tapi juga social media dan forum online (http://forumalhikmah.com). BISA 2012 + juga bermanfaat dalam membentuk komunitas local yang saling bersinergi. Bentuk sinergi yang akan dijalin adalah batsul masail virtual, yakni mengatasi permasalahan-permasalahan masyarakat untuk diselesaikan dalam perspektif agama, pelatihan jurnalis maya bagi santri, pengenalan internet sehat bagi warga desa dan santri, dan asimilasi budaya secara virtual.

Masalah yang Diangkat

Solusi permasalahan warga desa dalam menghadapi perbedaan-perbedaan paham keagamaan, mengubah image negatif warga desa dan pesantren akan eksistensi dunia maya, membudayakan perilaku internet sehat kepada warga agar dapat memantau anak dan keluarganya dalam berselancar di dunia maya, dan mewujudkan santri dan masyarakat yang peduli terhadap media virtual.

Solusi

Melakukan pembagian email kepada warga desa dan santri, edukasi dunia maya bagi warga desa, membantu pembuatan dan pengelolaan blog minimal seribu blog, mengadakan pelatihan jurnalistik warga bagi masyarakat desa dan santri, mengenalkan internet sehat, mengadakan forum-forum online dan offline demi membahas isu terkini, dan membangun hot spot area.
Pihak yang akan menerima manfaat dari proyek ini adalah santri dan Masyarakat sekitar Ponpes Al Hikmah dan ponpes lainnya di wilayah desa Benda Sirampog Brebes

Target

Santri dan Masyarakat sekitar Ponpes Al Hikmah dan ponpes lainnya di wilayah desa Benda Sirampog Brebes

Indikator Sukses

Terwujudnya minimal 2000 blogger dan onliners (gabungan santri dan warga) yang saling berinteraksi dan memiliki kesamaan visi dan misi dalam mengatasi perbedaan penafsiran agama, meningkatnya budaya masyarakat desa dan santri dalam memanfaatkan dunia maya sebagai media untuk mengatasi masalah bagi diri dan lingkungan sekitarnya sehingga akan meningkatkan perekonomian warga berbasis dunia maya. Diterbitkannya buku-buku kompilasi dari tulisan warga dan santri yang pada gilirannya terbentuk mindset economic based knowledge. Note: jumlah santri sendiri ada 6000 lebih

Lokasi

Brebes, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

380 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012-Desember 2013 (24 bulan)