Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

460 - Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Media Internet


Nama Inisiator

LKM Deswita Candu

Organisasi

LKM Deswita Candu

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Proyek penggalian potensi perekonomian masyarakat yang berkearifan lokal dengan metode marketing melalui media internet karena murah, mudah dan efektif. Hal ini dikarenakan permasalahan dasar dari produk lokal meski unggulan dan berkualitas adalah dalam hal pemasaran.

Masalah yang Diangkat

Hasil karya desa pada umumnya hanya dipasarkan secara lokal juga padahal daya beli masayarakat pedesaan sangat terbatas, sedangkan di daerah perkotaan dengan akses informasi yang memadai sangat membutuhkan produk hasil karya desa tersebut. Saluran informasi internet sehat yang akan dibangun kemudian akan digunakan bersama untuk memasarkan produk tersebut guna pemberdayaan perekonomian masyarakat luas dengan memperhitungkan kearifan lokal.

Solusi

Dengan menyediakan fasilitas minimal (misalnya komputer dengan fasilitas modem dan billing internetnya untuk periode tertentu) sehingga digunakan teknologi tepat guna beserta pelatihannya untuk operasional awal. Pemberdayaan berikutnya akan dipantau sambil diberikan masukan hingga dapat mandiri menjalankan aktifitas pemberdayaan.
Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah masyarakat dewasa terutama akses kelompok ekonomi produktif (15 tahun ke atas) yg terdiri dari petani, pedagang & peternak, juga kaum muda yang membutuhkan lowongan pekerjaan setelah studi (15 – 25 tahun).

Target

Masyarakat dewasa terutama akses kelompok ekonomi produktif (15 tahun ke atas) yg terdiri dari petani, pedagang & peternak. Kaum muda yg membutuhkan lowongan pekerjaan setelah studi (15 - 25 tahun).

Indikator Sukses

Bila terdapat payung networking yang berfungsi efektif dalam menunjang marketting ekonomi produktif dari Desa Tumpukrenteng, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Propvinsi Jawa Timur

Lokasi

Malang, Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

150 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Oktober 2011 – Oktober 2012