Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

458 - Anime Indonesia


Nama Inisiator

Renato Reimundo Jr

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Sebuah proyek pembuatan film animasi yang menggunakan teknik animasi 2D jepang yaitu “anime” . Film Animasi dengan 13 episode ini akan memperkenalkan anak-anak indonesia dengan kebudayaan lokal tempat-tempat di Indonesia dan pesan moral yang mendidik menggunakan teknik penggambaran yang mereka sukai yaitu “anime” dan juga bahkan disukai banyak orang dewasa. Juga akan dikemas di dalamnya konten-konten yang disukai oleh anak-anak sesuai survey yang akan dilakukan.

Masalah yang Diangkat

Penikmat Animasi Lokal yang masih sangat sedikit dan ketertarikan anak-anak Indonesia yang cenderung lebih menyukai kebudayaan luar dikarenakan penyajian/teknik animasi luar lebih menarik bagi anak-anak pada umumnya dan juga penyajian tersebut terbukti pula menarik minat orang dewasa. Oleh sebab itu kebudayaan kita yang seharusnya dibanggakan oleh generasi muda sedikit demi sedikit tenggelam oleh kebudayaan asing, men-stop animasi luar pun adalah tindakan yang kurang cerdas karena di zaman informasi ini anak-anak di seluruh Indonesia bisa mengakses media yang diinginkan tidak perlu hanya lewat tv saja.

Solusi

Dengan menggunakan teknik animasi Jepang yaitu “Anime” Animasi akan lebih terlihat hidup dan menarik, dan juga Animasi ini akan di bumbui dengan muatan-muatan lokal seperti tempat, kebudayaan, mitos, nama, dan produk lokal sehingga animasi ini selain sebagai hiburan dapat juga sebagai alat pengenal kebudayaan Nasional.
Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah anak-anak hingga dewasa dan komunitas penikmat anime dunia yang lebih dari 200 juta jiwa.

Target

Anak-Anak usia 7 - 12 tahun Remaja usia 12 - 21 tahun Dewasa usia 21 -30 tahun Komunitas penikmat Anime Dunia yang lebih dari 200juta jiwa di Dunia

Indikator Sukses

Berdasarkan respon masyarakat yang baik dan penikmat animasi yang puas

Lokasi

Tasikmalaya, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

575 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari – Juli (pembuatan film animasi), Agustus – September (promosi), dan November – Desember (penerbitan) (1 Tahun)