Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

445 - PortalSemarang.Com – Inspirasi Warga


Nama Inisiator

Rahmat Petuguran

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Sebuah proyek pengembangan portal warga PortalSemarang.Com yang berisi konten inspiratif: direktori, berita, dan dan konsultasi.

Masalah yang Diangkat

Media cetak dan online mainstream di Semarang lebih banyak memberitakan konflik dan kiriminal, seperti pejabat korupsi, penganiayaan, curanmor, dan lakalantas. Jika terjadi pembunuhan yang mengandung sadisme bahkan selalu menjadi headline. Kondisi ini dapat melahirkan pesimisme dalam kehidupan sosial warga. Warga kehilangan sumber berita inspiratif yang membangkitkan optimisme.

Solusi

Melalui PortalSemarang.Com, ide dan berita inspiratif warga Semarang disebarkan agar menginspirasi warga lain. Fasilitas media sosial dan forum yang terintegrasi berfungsi meningkatkan interaksi warga.
Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah warga Kota Semarang pengguna internet dengan mengakses berita dan ide inspiratif secara gratis. Sementara bagi sekolah, kampus, dinas pemerintah, pengelola tempat wisata dan tempat makan memperoleh publikasi gratis.

Target

Warga Kota Semarang pengguna internet memperoleh keuntungan dengan mengakses berita dan ide inspiratif secara gratis. Sementara bagi sekolah, kampus, dinas pemerintah, pengelola tempat wisata dan tempat makan memperoleh publikasi gratis.

Indikator Sukses

1. Pengunjung PortalSemarang.Com mencapai 3000 orang per hari pada semseter pertama dan mencapai 10000 orang per hari pada tahun pertama.
2. Pengguna media sosial dan forum mencapai 1000 orang pada semester pertama.
3. Partisipasi warga mengirim berita 30 per hari pada sesmter pertama.
4. Transaksi jual beli di bursa online mencapai Rp 10 juta per bulan.
5. Lahir kelompok wirausaha, kelompok diskusi, atau reading group baru di Kota Semarang.

Lokasi

Semarang

Dana yang Dibutuhkan

90 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 sampai Desember 2012