Anda berada di mode pratinjau.
| |

Ruang Belajar Cerdas: Ruang Online Untuk Wadah Belajar Bagi Anak SD, Berkreasi Sekaligus Media Promosi Cerdas

443

443 - Ruang Belajar Cerdas: Ruang Online Untuk Wadah Belajar Bagi Anak SD, Berkreasi Sekaligus Media Promosi Cerdas


Nomor:
443

Inisiator:
Yuni Tri Astuti

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Bandung

Dana:
80 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Oktober 2011-September 2012

Deskripsi Proyek:
Ruang online berupa website yang nantinya akan digunakan sebagai wadah untuk menampung hasil karya animasi, game, video, ataupun elearning yang mengandung pesan edukasi, materi sekolah ataupun nilai moral lainnya yang dikhususkan bagi anak SD.

Masalah yang ingin diatasi:
Akses terhadap internet sekarang menjadi bagian dari gaya hidup. Tak hanya dari kalangan dewasa, tapi anak-anak pun sudah mengenal internet. Selain sumber informasi yang bermanfaat tentunya ada informasi yang sifatnya negatif. Dengan adanya ruang belajar online ini, diharapkan banyak anak yang lebih memilih untuk berkunjung ke situs pembelajaran seperti ini agar tidak terjerumus dalam browsing internet dengan konten negatif. Dengan adanya ruang belajar online ini pula, diharapkan motivasi belajar anak-anak akan meningkat karena bentuk konten pembelajaran yang menarik. Di samping itu, banyak anak-anak SD yang mengalami kekhawatiran terhadap hasil UAN mereka karena berbagai faktor, salah satunya yaitu kurangnya informasi mengenai acuan soal ujian. Pada lain pihak, banyak kawula muda berbakat yang mempunyai potensi untuk terus mengembangkan ide dan karya-karyanya terutama dalam bidang animasi, tetapi karya-karyanya kurang mendapatkan penghargaan yang sepadan. Dengan adanya ruang online ini, diharapkan karya-karya mereka akan lebih dihargai, bermanfaat, serta mereka sendiri akan mendapatkan promosi kerja ataupun proyek terkait dengan bidang animasi/konten pembelajaran.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Untuk mengatasinya, kami akan membuat sebuah website di mana para pembuat animasi/konten pembelajaran akan meng-upload karya-karyanya untuk selanjutnya dapat diunduh(didownload) secara gratis sebagai media utama maupun pendukung belajar bagi anak SD. Setiap bulannya akan diadakan reward yang akan diberikan kepada penyumbang karya pembelajaran berdasarkan jumlah rating dan download terbanyak. Keuntungan lain yang akan didapat, yaitu mereka akan mendapatkan tawaran kerja maupun proyek. Dengan demikian, diharapkan banyak masyarakat yang akan tertarik untuk ikut menyumbangkan ide dan karyanya untuk kepentingan pendidikan. Adapun mengenai konten-konten yang ada, akan disediakan oleh pemerintah sehingga telah disesuaikan dengan kurikulum belajar. Pemerintah diberikah hak akses untuk memantau perkembangan belajar masing-masing anak.<br /> Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah instansi SD, guru, orang tua, dan anak-anak SD, pembuat konten animasi/pembelajaran, perusahaan pencari resource untuk membuat pembuatan proyek kreatif, dan Departemen Pendidikan sebagai pihak yang akan memantau perkembangan belajar anak-anak SD

Ukuran kesuksesan:
Ide ini akan dianggap sukses jika banyak masyarakat yang tertarik untuk menyumbangkan karya kreatifnya untuk selanjutnya dapat dikenal dan dimanfaatkan oleh instansi SD, guru, orang tua, siswa SD pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya, serta mendapatkan feedback positif. Selain itu, terjadi juga peningkatan jumlah visitor, jumlah download, dan jumlah upload karya setiap bulannya. Sedangkan dari sisi pendidikan, maka ada banyak anak SD yang mengalami perkembangan pada kemampuan belajarnya yang bisa dilihat dari statistika hasil ujian online.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas