Anda berada di mode pratinjau.
| |

Sinergi Informasi dan Ekonomi Kerakyatan

432

432 - Sinergi Informasi dan Ekonomi Kerakyatan


Nomor:
432

Inisiator:
Mukti Satiti

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Malang, Jawa Timur

Dana:
1 Miliar Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
4 tahun

Deskripsi Proyek:
Menghadirkan solusi kongkrit atas permasalah sumber air, akses jalan dan keekonomian masyarakat serta kontrol terhadap keberlangsungan pemerintahan desa.<br /> Media sebagai jembatan konservasi alam, ekonomi kerakyatan yang berwawasan lingkungan dengan penataan sistematis serta kontrol terhadap keberlangsungan pemerintahan Desa.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Hutan yg gundul akibat pola tanam dan pemilihan komoditi yang tidak tepat. (Tanaman kayu rakyat).<br /> 2. Krisis Air.<br /> 3. Akses jalan yang rusak parah, sehingga menyebabkan harga-harga komoditi sangat murah.<br /> 4. Tidak adanya kontrol terhadap keberlangsungan pemerintahan Desa.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Solusi kongkrit :<br /> 1. Pemilihan komoditi hutan rakyat yang tepat, pendampingan, penyedian infrastruktur pengolahan, kepastian pasar dan menjaga kestabilan harga atas produk.<br /> 2. Pembentukan opini yang berkesinambungan akan pentingnya konservasi.<br /> 3. Pemantauan penggunaan infrasturktur jalan bersama masyarakat.<br /> Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah masyarakat desa keseluruhan yang mencakup 3 desa, yaitu: Desa Ngulungkulon, Desa Sobo, Desa Ngulung Wetan, kec. Munjungan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur

Ukuran kesuksesan:
Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap kondisi lingkungan hidup daerah setempat, membaiknya sumber air dan Infrastuktur jalan.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas