Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemerataan informasi ilmiah ke masyarakat umum melalui mahasiswa dan universitas sebagai simpul informasi dengan media interaktif (sms center, newsletter website dan social networking)

414

414 - Pemerataan informasi ilmiah ke masyarakat umum melalui mahasiswa dan universitas sebagai simpul informasi dengan media interaktif (sms center, newsletter website dan social networking)


Nomor:
414

Inisiator:
PILI Green Network

Organisasi:
PILI Green Network

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Jawa Barat

Dana:
859 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
1 tahun

Deskripsi Proyek:
Pemanfaatan informasi ilmiah melalui banyaknya terbitan jurnal masih memiliki akses yang sangat terbatas. Untuk lebih meratakan informasi, maka setiap copy right jurnal yang diterbitkan oleh universitas atau lembaga penelitian atau lembaga lainnya akan di tulis ulang menjadi artikel yang lebih popular untuk bisa di baca oleh masyarakat umum terutama mahasiswa sebagai penghubung dengan masyarakat luas di sekitarnya. Setiap tulisan popular yang diterbitkan akan dikumpulkan ke dalam CD untuk didistribusikan melalui beberap universitas di setiap kota sebagai simpul informasi. Sedangkan untuk lebih menyebarluaskan informasi terkini akan digunakan media interaktif berupa sms center, newsletter elektronik dan website untuk lebih mengumpulkan feed back dan sebagai sarana komunikasi akan kebutuhan informasi ilmiah terkini.

Masalah yang ingin diatasi:
Sampai sekarang jurnal nasional maupun internasional sangat banyak diterbitkan oleh lembaga terakreditasi terutama untuk penelitian terkini untuk membuat rekomendasi kebijakan di tingkat local maupun internasional. Namun kehadiran jurnal itu sendiri masih sangat sulit di dapat oleh mahasiswa dan informasinya sangat ilmiah sehingga susah dipahami oleh masyarakat luas. Untuk itu perlu transfer ilmu dari tulisan ilmiah menjadi tulian popular agar mudah dipahami oleh khalayak. Selain itu kehadiran informasi ilmiah sangat lambat untuk sampai ke masyarakat, perlu adanya teknologi yag lebih cepat untuk menyebarluaskan. Melalui sms system diharapkan bisa lebih tepat sasaran dan terupdate informasi penting.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Dari Januari kami akan mengumpulkan simpul-simpul informasi yaitu melalui universitas di setiap daerah kota atau propinsi. Dengan diskusi dengan para simpul kita akan berbagi ilmu penulisan popular yang bisa mengubah informasi ilmiah (dari jurnal) menjadi tulisan popular yang mudah dikonsumsi oleh khalayak. Kemudian dari tulisan popular akan di buat newsletter dan disebarkan via email, diberitahukan melalui sms system untuk bisa diakses kepada public melalui register di sms center. Setiap tulisan yang terbit akan dikumpulkan dengan CD dan diserhakan di setiap simpul untu didistribusikan kembali. Pengumpulan informasi dan proses penulisan didahului dengan diskusi dan workshop penulisan di tiap simpul (bisa pengelompokkan workshop simpul di tiap region atau propinsi).<br /> Pihak yang diuntungkan melalui proyek ini adalah ilmuwan dan mahasiswa di setidaknya 22 perguruan tinggi negeri dan lembaga penelitian, aktivis LSM dan masyarakat umum yang mengakses website.

Ukuran kesuksesan:
Ada penambahan dan feed back informasi dan anggota yang diukur berdasarkan pendaftaran anggota aktif melalui group newsletter, sms system, dan kontak di tiap simpul informasi di masing-masing universitas.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas